Kamis, 16/05/2024 14:06 WIB

Menerima Kunjungan Ormas SALIMAH, HNW : Di Tahun Politik, Ormas Bisa Memberdayakan Umat.

Menerima Kunjungan Ormas SALIMAH, HNW : Di Tahun Politik, Ormas Bisa Memberdayakan Umat.

Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid. (Foto: Humas MPR)

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid atau HNW menyambut baik, upaya-upaya yang dilakukan organisasi kemasyarakatan termasuk Persaudaraan Muslimah (Salimah) DKI Jakarta yang mengaplikasikan prinsip kedaulatan yang dimiliki sebagai Rakyat dan anggota masyarakat dengan cara yang konstruktif seperti membuat perkumpulan dengan kegiatan positif : memberdayakan masyarakat, peduli anak yatim, membantu lansia hingga melaksanakan bakti sosial ; Jum’at berkah.

Mengamalkan kedaulatan dengan cara yang konstruktif, itu menurut Hidayat sesuai dengan Undang-Undang dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Khususnya menyangkut kedaulatan, karena UUD sudah membuat ketetapan baru bahwa kedaulatan ada di tangan rakyat.

Apalagi bila cara berkedaulatan Rakyat tersebut juga dilakukan pada tahun-tahun politik, sehingga bisa diharapkan akan melahirkan politik yang guyub rukun, gotong royong, membina ukhuwah, saling peduli dan melindungi. Bukan politik yang saling memusuhi, memfitnah dengan penyebaran hoax, yang memecahbelah persaudaraan umat dan bangsa.

Bila cara-cara konstruktif itu konsisten dilakukan oleh Ormas, apalagi Ormas Islam, apalagi Ormas Perempuan Islam, maka hal itu akan mengantarkan kepada pesta demokrasi yang berprinsip pada ukhuwwah Islamiyah maupun ukhuwwah Wathoniyyah, gotong royong, persaudaraan dan kerukunan. Berkompetisi dalam Pemilu tidak menimbulkan friksi, tali menghadirkan toleransi dan tidak memutus shilaturrahmi, bahkan bisa memunculkan sportifitas, agar hasil Pemilu juga positif bagi NKRI yang bhinneka tunggal ika ini.

"Karena itu MPR nmendukung langkah dan gagasan ormas Salimah, termasuk jika mereka mau melaksanakan Peringatan Hari Ibu, dengan mengundang serta berkolaborasi Bersama ormas-ormas lain,” ungkap Hidayat Nur Wahid.

Pernyataan itu disampaikan anggota DPR RI Dapil Jakarta dua meliputi Jakarta Selatan, pusat dan luar negeri, saat menerima kunjungan Pengurus Salimah DKI Jakarta. Pertemuan tersebut berlangsung di ruang Kerja Wakil Ketua MPR RI Gedung Nusantara III lantai 9, Komplek MPR DPR dan DPD RI, Selasa (10/10/2023).

Sekalipun demikian, di depan delegasi Persaudaraan Muslimah DKI Jakarta HNW berharap ormas melakukan berbagai pencerahan kepada warga dan anggotanya, Karena Pemilu bisa menghadirkan money politik dan manipulasi politik,lantaran umat lemah secara ekonomi dan pendidikan, sehingga mereka mudah dibeli dan diiming-imingi. Sehingga berakibat mereka tidak berdaulat saat akan mempergunakan haknya sebagai pemilih yang bisa berdampak pada buruknya hasil pemilihan umum.

“Inilah kondisi yang ada di Indonesia, saya berharap kondisi itu bisa dikoreksi termasuk dengan peran Ormas untuk mengedukasi warganya. Meskipun pemilu itu hajatannya Orpol, dan orpol dengan ormas memang tidak sama, dan tidak saling mencamnpuri. Tapi keduanya bisa bekerjsama dan saling menghormati, untuk kemaslahatan Umat, Bangsa dan Negara juga,” harap Hidayat.

“Dengan begitu terjadilah hubungan saling menguntungkan dan saling menguatkan. Tanpa harus melakukan intervensi. Ada saat nya kerja sendiri-sendiri, dan ada saatnya bekerjasama. Sikap demokratis seperti itu bisa menguatkan kedaulatan rakyat agar hasil pemilu (pileg maupun pilpres) lebih baik dan lebih bermaslahat bagi masa depan umat, ormas dan orpol, juga bangsa dan negara,” pungkasnya.

KEYWORD :

Kinerja MPR Hidayat Nur Wahid Organisasi Kemasyarakatan SALIMAH Politik Pemilu 2024




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :