Minggu, 12/05/2024 00:29 WIB

Langkah-Langkah Menghilangkan Bau Mulut

Bau mulut menjadi salah satu permasalahan cukup mengganggu. Namun, ada beberapa cara menghilangkan bau mulut agar nafas menjadi lebih segar.

Cara mengatasi bau mulut ( Foto : Alodokter )

Jakarta, Jurmas.com - Meskipun bukan masalah medis serius, bau mulut bisa bikin Anda tidak percaya diri. 

Apalagi, lebih dari 90% kasus bau mulut berasal dari gigi dan mulut yang kotor karena bakteri. Setiap kali Anda makan, sisa-sisa makanan dapat menempel di sela gigi dan menjadi makanan bagi bakteri.

Selain itu, ada banyak faktor lainnya yang juga bisa menjadi pemyebab bau mulit salah satunya kebiasaan merokok.

Apa pun penyebabnya, jangan sampai bau mulut menurunkan kepercayaan diri Anda.

Sejumlah cara sederhana di bawah ini bisa Anda coba untuk menghilangkan bau mulut yang mengganggu.

Minum air putih

Mulut kering menandakan produksi air liur yang sedikit. Ini dapat memengaruhi kebersihan mulut Anda.

Tanpa air liur, bakteri penyebab bau mulut sangat mudah berkembang biak. Pasalnya, bakteri penyebab napas bau paling bisa tumbuh subur dalam kondisi lingkungan yang kering.

Maka, dengan minum air putih dapat membantu meningkatkan produksi air liur. Dan, mulut juga akan lebih lembap dan napas pun terasa tetap segar.

Sikat gigi

Pastikan Anda menyikat gigi dua kali sehari pada pagi dan malam hari menggunakan pasta gigi ber-fluoride. Terapkan teknik yang tepat supaya Anda dapat merasakan hasil yang lebih optimal.

Selain itu, jangan lupa untuk ganti sikat Anda setiap 3–4 bulan sekali. 

Flossing gigi

Flossing merupakan teknik membersihkan sela-sela gigi menggunakam benang gigi, hal ini dapat membantu membersihkan sisa makanan yang tersangkut pada sela gigi dan tidak terjangkau oleh bulu sikat.

Rutin berkumur

Berkumurlah rutin dua kali sehari setelah menyikat gigi dan flossing

Hindari membeli obat kumur yang mengandung alkohol karena alkohol dapat membuat mulut kering.

Serta, gunakan obat kumur sesuai dengan dosisnya. Penggunaan obat kumur secara berlebihan dapat menyebabkan overdosis yang berdampak buruk pada tubuh.

Membersihkan lidah

Selain berkumur, membersihkan lidah juga harus jadi bagian dari rutinitas Anda. Anda bisa membersihkan lidah dengan sikat gigi atau scraper (pembersih lidah) sebagai cara menghilangkan bau mulut.

Kumur dengan baking soda

Baking soda efektif membunuh bakteri penyebab bau mulut. Maka, dengan rutin berkumur dengan larutan baking soda juga dapat membantu membersihkan plak dan sisa makanan yang menempel di permukaan gigi.

Caranya, Anda tinggal melarutkan dua sendok teh soda kue ke dalam segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur selama 30 detik, lalu buang air bekas kumurannya.

Berhenti merokok

Perokok bahkan lebih berisiko mengalami penyakit gusi dibanding mereka yang tidak merokok. Penyakit gusi sendiri merupakan salah satu penyebab umum bau mulut.

Maka, cara terbaik untuk menghilangkan bau mulut adalah dengan berhenti merokok. Tidak hanya bagi kesehatan gigi dan mulut, langkah ini pun baik bagi kesehatan tubuh Anda.

Jika masih tetap saja sulit, berkonsultasi ke dokter bisa menjadi pilihan terbaik. 

KEYWORD :

Tips agar tidak bau mulut pakai baking soda




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :