Kamis, 16/05/2024 13:35 WIB

Anak Kost Wajib Atur Keuangan, Berikut Tipsnya

Kalau mau hidup aman saat ngekos, aturlah untuk mengelola keuanganmu, supaya bisa survive di segala keadaan. 

Cara mengelola keuangan bagi anak kost ( Foto : Merdeka.com )

Jakarta, Jurnas.com - Sebenarnya pengaturan keuangan sangat penting dalam kehidupan apapun, terutama bagi Anda yang sedang ngekos.

Ini karena sebagai anak kos harus pandai-pandai atur uang agar semua kebutuhan terpenuhi.

Lantas bagaimanakah pengelolaan uang yang disarankan untuk anak kos? 

Tetapkan budget bulanan yang masuk akal

Untuk anak kos sebenarnya yang paling pertama harus dilakukan yaitu menentukan budget bulanan yang masuk akal. Yang mana budget itu jadi bisa memperkirakan kebutuhan apa saja yang harus di penuhi untuk sehari-sehari. 

Kurangi atau tiadakan budget untuk senang senang

Sangat disarankan mengurangi atau bahkan meniadakan budget untuk main-main atau sifatnya hiburan, seperti hang out dengan teman, pergi liburan, atau bahkan karaoke.

Pasalnya, untuk anak kos yang butuh pengelolaan budget sebijak-bijaknya, penting untuk mengutamakan kebutuhan pokok dulu daripada hiburan yang sifatnya kesenangan sementara. 

Sisihkan uang sebagai dana darurat

Menyisihkan untuk dana darurat penting dalam pengelolaan keuangan, apalagi bagi anak kos yang bisa saja mengalami hal di luar rencana dan membutuhkan dana darurat. Sehingga, ini bisa sebagai jaminan diri jika terjadi apa-apa ke depannya. 

Lakukan Frugal living untuk jangka waktu tertentu

Sebagai anak kos tentu harus sadar dengan kemampuan diri, yang dimana salah satu cara mengelola keuangan yaitu dengan menerapkan frugal living. Gaya hidup frugal bisa diterapkan untuk meminimalkan budget pengeluaran dengan ketat.

Yang penting tidak apa-apa menjalani hidup sederhana sementara waktu, hingga finansial cukup untuk gaya hidup lebih tinggi. 

 

KEYWORD :

Anak kost menabung




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :