Jum'at, 10/05/2024 06:31 WIB

Begini Cara Hilangkan Bruntusan di Rumah

Untuk mengatasi bruntusan , Anda bisa tenpelkan es batu pada wajah

Kondisi wajah bruntusan ( Foto : CNBC )

Jakarta , Jurnas.com -  Selain jerawat, bruntusan juga termasuk masalah kulit lainnya yang terbilang umum. Ini adalah kondisi terdapat bintik-bintik merah kecil yang menonjol pada kulit, hingga permukaan kulit terasa kasar atau tidak rata.

Bruntusan sebenarnya tidak berbahaya dan bisa menghilang dengan sendirinya. Namun, tentu bisa mengganggu penampilan.

Penyebab bruntusan ada banyak, mulai dari keringat, alergi, kegemukan, jerawat, stres hingga konsumsi obat-obatan tertentu.

Perubahan hormon juga bisa memicu munculnya kondisi kulit tersebut. Bruntusan paling sering terjadi pada anak-anak dan remaja.

Nah, berikut adalah cara menghilangkan bruntusan yang bisa dilakukan di rumah:

1. Rutin membersihkan kulit tubuh dan wajah

Sebaiknya bersihkan kulit dan wajah (area yang terpengaruh) secara rutin. Selain itu, sebaiknya jangan mandi terlalu lama, karena bisa membuat kulit kering yang akan memperparah bruntusan. 

Usahakanlah mandi selama 5-10 menit saja, dan gunakan air hangat untuk membantu membuka sumbatan dan melonggarkan pori-pori.

2. Gunakan pelembab

Oleskanlah segera setelah mandi (saat kulit masih lembab) atau kapan pun kulit terasa kering. 

Pilihlah losion atau pelembab dengan kandungan asam laktat, yang bisa menghidrasi kulit kering dan mendorong pergantian sel.

3. Eksfoliasi 

Eksfoliasi kulit dengan lembut seminggu sekali bisa membantu menghilangkan bruntusan di wajah. Anda bisa menggunakan produk perawatan kulit yang disebut keratolitik untuk eksfoliasi kulit.

Carilah produk yang mengandung salah satu berikut yaitu Asam alfa hidroksi, Asam glikolat, Retinoid, Asam laktat, Asam salisilat, dan Urea.

Perlu diingat, berhati-hatilah saat eksfoliasi kulit dan pastikan Anda mengikuti petunjuk pemakaian yang tertera pada label kemasan. Pasalnya, jika menggunakan terlalu banyak atau lebih sering dari anjuran, bisa menyebabkan kulit menjadi kasar dan teriritasi.

4. Hindari melakukan hal-hal yang bisa memperburuk bruntusan

Hindari menggunakan pakaian yang ketat, karena bisa menyebabkan gesekan yang bisa mengiritasi kulit. Serta, Anda juga dianjurkan untuk tidak mencukur atau melakukan waxing di area kulit yang sedang bruntusan. Pasalnya, hal itu bisa menyebabkan lebih banyak benjolan muncul. 

5. Hindari produk perawatan tubuh dengan pewangi

Ketika kulit mengalami bruntusan, hindari penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung parfum atau pewangi. Karena kedua bahan tersebut berisiko memicu iritasi pada kulit.

6. Masker menggunakan oatmeal

Oatmeal memiliki sifat yang menenangkan pada kulit yang kering dan gatal. 

Menggunakan oatmeal sebagai masker mampu mengurangi peradangan pada kulit.

7. Menggunakan es batu

Hal ini dikarenakan efek dingin dari es berpotensi meredakan peradangan sementara waktu, tapi efeknya cepat hilang. 

Meski begitu, tidak ada salahnya mencoba yang beruntusan. 

Caranya, Anda hanya perlu membungkus es batu dengan kain tipis atau memakai kompres dingin.

Lalu, tempelkan kain pada jerawat selama satu menit. Lakukan 1 – 2 kali sehari setelah membersihkan wajah. 

8. Menggunakan Lidah Buaya

Gel lidah buaya mungkin dapat membantu menghilangkan beruntusan dalam semalam. Ini berkat potensinya yang bisa meningkatkan efektivitas menghilangkan jerawat.

Produk Yang Direkomendasikan Atasi Bruntusan :

1. Cetaphil Gentle Skin Cleanser 250 ml
Pembersih wajah ini mengandung propylene glycol yang membantu kamu dalam menjaga kelembapan kulit. 

2. Acnes Creamy Wash 100 g

Produk ini mengandung isopropylmethylphenol, vitamin C, dan E. Penggunaannya pun terbilang mudah, kamu tinggal mengeluarkan sedikit sabun wajah ini pada telapak tangan, kemudian berikan air dan gunakan untuk mencuci wajah secara lembut.

3. Hada Labo Tamagohada Mild Peeling Make Up Remover + Face Wash 100 g
Hada Labo Tamagohada Mild Peeling ini mengandung kandungan baik untuk kesehatan kulit. Beberapa di antaranya butylene glycol, potassium myristol, lauramodopropyl betaine, hingga salicylic acid.

KEYWORD :

Bruntusan Lidah buaya Es batu




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :