Kamis, 09/05/2024 13:48 WIB

Kenang Mendiang Arist Merdeka Sirait, Arzeti Bilbina: Teruskan Perjuangan Beliau

Arzeti Bilbina siap meneruskan perjuangan mendiang Arist Merdeka Sirait dalam menjaga anak-anak Indonesia

Anggota DPR RI Arzeti Bilbina beri keterangan. (Foto: Jurnas/Ira).

Jakarta, Jurnas.com- Kepergian sosok pejuang hak anak yang gigih dalam berjuang, Arist Merdeka Sirait menghadap Tuhan Yang Mah Esa, pasda Sabtu, 26 Agustus 2023 lalu di RS Polri Kramat Jati, Jakarta masih menyisakan duka yang mendalam. Keluarga dan sahabat dekat menggelar acara `Mengenang Jejak Pejuang Hak Anak Indonesia` yang merupakan hasil kolaborasi JPKL dan Komnas PA untuk merenungkan Perjuangan Arist Merdeka Sirait.

Sebagai Ketua Komnas Perlindungan Anak (Komnas PA), Almarhum Arist Merdeka Sirait konsern menangani kasus anak-anak nasional. Mulai dari kasus pelecehan seksual terhadap anak anak murid, kasus kekerasan orangtua terhadap anak sampai yang terbaru mendesak BPOM untuk meberi pelabelan bahaya Bisphenol A (BPA) pada janin, bayi, balita dan ibu yang mengandung.

Artis, model dan pemain sinetron yang kini menjadi Anggota DPR RI Komisi IX Fraksi PKB, Arzeti Bilbina salah satu yang kehilangan sosok mendiang Arist Merdeka Sirait. Selama ini ia konsern terus memperjuangkan hak-hak kesehatan janin, anak dan ibu mengandung khususnya dalam mengatasi dan mendesak pelabelan terkait bahaya BPA pada galon isi ulang.

"Kita tak akan menemukan lagi figur seperti beliau (Arist Merdeka). Kita beruntung masih diberikan contoh dari tingkah laku beliau dalam berjuang demi anak-anak, " kata Arzeti Bilbina, sambil meneteskan air mata di kantor Komnas PA, Senin (11/9/2023).

"Pada saat saya diminta untuk menjadi bagian dan kebetulan saya ada di komisi IX, kita juga  mengapresiasi penuh kepada ibu Penny K Lukito yang luar biasa gerak cepat, yang beliau berikan untuk aspirasi yang kita sampaikan ketika kita RDP (Rapat Dengar Pendapat) dengan BPOM sampai hari ini tadi dikatakan, perjuangan ini belum berakhir, " sambung ibu tiga anak ini.

Menurut Arzeti Bilbina, dirinya sudah melihat akan tersepakati oleh pemerintah ketika almarhum  meminta pemerintah melakukan pelabelan (kemasan guna ulang yang mengandung BPA).

“Mudah-mudahan keberadaan saya di sini sebagai perwakilan yang ada di Komisi IX dan mitra BPOM akan terus bersama-sama berpegangan tangan untuk terus kita mengawal tanggung jawab yang beliau perjuangkan, bisa kita selesaikan dengan baik," tukas Arzeti.

"Kita akan terus memperjuangkan apa yang sudah diperjuangkan oleh beliau" tambah Arzeti.

Rostimaline Munthe, istri mendiang Arist Merdeka Sirait, Ketua Komnas PA menceritakan perjuangan bersama Arist Merdeka Sirait selama hidup bersamanya. Menurutnya, Arist berjuang dengan tulus demi melindungi anak- anak dari kekerasan. Termasuk paparan zat Bisphenol A yang terdapat pada kemasan galon guna ulang. Rostimaline Munthe mengatakan, soal perlindungan anak dirinya lebih dulu terjun dalam dunia anak-anak. Sementara Arist Merdeka masih berjuang untuk buruh.

"Kami berjuang untuk membela hak anak bukan demi mencari keuntungan, bukan mencari nama dan bukan untuk mencari uang. Tapi demi keselamatan anak- anak," tandas Rostimaline Munthe mengenang sosok suami tercintanya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Lia Latifah, PJS  Ketua Komnas PA dan Ketua Komnas PA DKI Jakarta, Cornelia Agatha serta banyak lagi pihak-pihak lainnya yang sangat dekat dengan mendiang Arist Merdeka Sirait.

KEYWORD :

Arist Merdeka Sirait Arzeti Bilbina BPA Anak Indonesia Perjuangan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :