Minggu, 28/04/2024 11:53 WIB

Pilkada DKI Jakarta

Pleno KPUD Jakarta Putuskan Ahok Raih 42,99 persen

Dengan raihan itu, makan diputusan akan berlangsung putaran kedua dengan dua calon, yakni pasangan AhokJarot denga Anies-Sandiaga.

Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut dua Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok (tengah) bersama istri, Veronica Tan (kiri) dan anak Nicholas Sean Purnama (kanan) menunjukkan surat suara usai melakukan pen

Jakarta - Pasangan calon Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Syaiful Hidayat, memperoleh suara terbanyak dengan mengumpulkan 42,99 persen suara atau 2.364.577 suara.

Sedangkan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno di posisi kedua dengan mengumpulkan 2.197.333 suara atau 39,95 persen. Kemudian pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni memperoleh 937.955 suara atau 17,05 persen.

Urutan jumlah tersebut dari  hasil resmi  Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta pada  rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 sore ini.

"Dengan mengucapkan bismillah hasil ini dinyatakan sah," kata Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno di Grand Sahid Hotel, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (26/2).

Dengan raihan itu, makan diputusan akan berlangsung putaran kedua dengan dua calon, yakni pasangan AhokJarot denga Anies-Sandiaga.

Pleno KPU DKI menghitung total pemilih pada pencoblisan Rabu (15/2) lalu sebanyak 7.356.426 dengan warga Jakarta yang menggunakan hak pilih sebanyak 5.564.313 atau tingkat partisipasi pemilih mencapai 75,75 persen. Adapun tingkat partisipasi pemilih disabilitas capai 70,43 persen.

Sumarno mengatakan rekapitulasi pada rapat pleno hari ini bukan penetapan hasil akhir. Ia mengatakan akan ada waktu tiga hari bagi pasangan calon untuk mengajukan keberatan sekaligus gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) sesuai dengan Undang-Undang.

Apabila dalam waktu tiga hari setelah rekapitulasi tingkat provinsi ini tidak ada laporan gugatan ke MK, maka KPU akan mengumumkan hasil ini secara resmi. Termasuk penetapan ada atau tidaknya putaran kedua. "3-4 Maret akan umumkan hasil sekaligus apakah ada putaran kedua atau tidak. Sekaligus penetapan nomor pasangan calon putaran kedua," kata Sumarno.

KEYWORD :

Pilkada DKI Jakarta KPUD Ahok




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :