Kamis, 16/05/2024 15:44 WIB

Kim Jong Un dan Vladimir Putin Dilaporkan Bakal Bertemu Bahas Negosiasi Jual Beli Senjata

AS sebelumnya telah memperingatkan bahwa Korea Utara dapat memberikan lebih banyak senjata kepada Rusia.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berjabat tangan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Vladivostok, Rusia dalam foto tak bertanggal yang dirilis pada 25 April 2019 oleh Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA). KCNA melalui REUTERS

JAKARTA, Jurnas.com -  Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un dilaporkan berencana melakukan perjalanan ke Rusia bulan ini untuk bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin guna membahas kemungkinan memasok senjata untuk perang di Ukraina.

"Kim Jong Un akan melakukan perjalanan dari Pyongyang, mungkin dengan kereta lapis baja, ke Vladivostok, di Pantai Pasifik Rusia, di mana ia akan bertemu dengan Putin," kata surat kabar New York Times pada Senin (4/9), mengutip sumber AS dan sekutunya.

Gedung Putih tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Perjalanan yang direncanakan ini akan dilakukan ketika Rusia membahas diadakannya latihan militer gabungan dengan Korea Utara dan setelah Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu mencoba melakukan kunjungan ke Korea Utara untuk meyakinkan Pyongyang agar menjual amunisi artileri ke Rusia.

Sebelumnya, AS sudah memperingatkan bahwa Korea Utara dapat memberikan lebih banyak senjata kepada Rusia, yang menginvasi Ukraina pada Februari 2022. Invasi ini Moskow sebut sebagai operasi militer khusus.

Perang ini ditentang keras oleh AS dan sekutunya di Eropa.

Juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan pada tanggal 30 Agustus bahwa AS khawatir bahwa negosiasi senjata antara kedua negara mengalami kemajuan yang aktif.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Hubungan Rusia Korea Utara Kim Jong Un Vladimir Putin Jual Beli Senjata




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :