Jum'at, 17/05/2024 05:24 WIB

Donald Trump Kembali Pakai Twitter Usai Serahkan Diri ke Penjara

Dia mengunggah sebuah fotonya dari penjara Fulton County di Georgia.

Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. (Foto: AFP)

JAKARTA, Jurnas.com - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump telah kembali ke situs media sosial X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter. Dia mengunggah sebuah fotonya dari penjara Fulton County di Georgia.

Trump pada hari Kamis mendapatkan kembali akses langsung ke publik pada platform yang melarangnya setelah serangan terhadap Kongres AS pada 6 Januari 2021 oleh para pendukungnya.

Tahun lalu, Elon Musk mengaktifkan kembali akun Trump segera setelah mengakuisisi Twitter, yang kemudian dia ganti namanya menjadi X.

Foto yang dirilis oleh pihak berwenang Georgia pada Kamis, menunjukkan Trump yang cemberut hanya beberapa menit setelah dia didakwa atas lebih dari selusin tuduhan kejahatan di penjara Atlanta.

Trump, yang mencalonkan diri sebagai presiden pada pemilu 2024, telah membuat sejarah sebagai mantan presiden AS pertama yang menghadapi tuntutan pidana, tidak hanya sekali tetapi empat kali. Namun, ini adalah pertama kalinya dia berpose untuk foto pemesanan.

Berbeda dengan pihak berwenang lainnya, yang memberinya izin, Georgia memprosesnya seperti terdakwa kriminal lainnya, termasuk sidik jari dan foto mug.

Prosesnya memakan waktu kurang lebih 20 menit. Setelah itu, Trump dengan cepat menghilang ke dalam iring-iringan mobil yang menunggu di luar penjara. Dia telah dibebaskan dengan perjanjian jaminan sebesar $200.000, jumlah tertinggi dari semua terdakwa lainnya.

Saat meninggalkan bandara di Atlanta, Georgia, Trump mengeluarkan pernyataan singkat kepada wartawan, menyangkal melakukan kesalahan dan menegaskan kembali bahwa ia memiliki hak untuk menantang kekalahannya dalam pemilu 2020.

“Kami mempunyai hak – setiap hak – untuk menentang pemilu yang kami anggap tidak jujur,” kata Trump, memberikan gambaran mengenai strategi pertahanannya.

Keputusan Trump untuk mempublikasikan foto dirinya merupakan hal yang tidak pantas, mengingat dia telah menggunakan dakwaan sebelumnya sebagai tontonan untuk menarik perhatian pada kampanye politiknya dan mendorong narasi bahwa pihak berwenang telah menargetkannya secara tidak adil.

Ini adalah seruan yang tampaknya populer di kalangan pendukungnya, dan Trump tidak membuang waktu menggunakan foto tersebut untuk tujuan penggalangan dana, mengunggah di X serta di platform media sosialnya sendiri, Truth Social, bersama dengan tautan ke situs webnya yang meminta sumbangan pengunjung untuk kampanyenya.

Situs webnya menyatakan, "Hari ini, di penjara yang terkenal dengan kekerasan di Fulton County, Georgia, saya ditangkap meskipun tidak melakukan kejahatan."

 

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Donald Trump Twitter Elon Musk




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :