Senin, 13/05/2024 12:13 WIB

Korea Utara Gagal Lagi Luncurkan Satelit Mata-mata

Otoritas antariksa berjanji untuk mencobanya lagi pada Oktober.

File foto yang disediakan oleh pemerintah Korea Utara menunjukkan peluncuran roket Chollima-1 yang baru dikembangkan yang membawa satelit Malligyong-1 di Sohae Satellite Launching Ground pada 31 Mei 2023. (File foto: Korean Central News Agency / Layanan Berita Korea melalui AP)

SEOUL, Jurnas.com - Upaya kedua Korea Utara menempatkan satelit mata-mata di orbit gagal setelah pendorong roket mengalami masalah pada tahap ketiga. Meski begitu, otoritas antariksa berjanji untuk mencobanya lagi pada Oktober.

Percobaan pertamanya pada bulan Mei juga berakhir dengan kegagalan ketika roket Chollima-1 yang baru jatuh ke laut.

Peluncuran sebelum fajar terjadi pada jam-jam pertama dari delapan hari yang diberikan Korea Utara untuk upaya tersebut.

Negara yang memiliki senjata nuklir ini berupaya menempatkan satelit mata-mata militer pertamanya ke orbit, dan mengatakan bahwa pihaknya pada akhirnya merencanakan armada satelit untuk memantau pergerakan pasukan Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan.

"Penerbangan roket tahap pertama dan kedua normal, namun peluncuran gagal karena kesalahan dalam sistem peledakan darurat selama penerbangan tahap ketiga," kata kantor berita negara KCNA tentang peluncuran Kamis (24/8).

Militer Korea Selatan mengatakan pihaknya melacak penerbangan tersebut sejak peluncurannya di Tempat Peluncuran Satelit Sohae milik Korea Utara dan juga menyimpulkan bahwa penerbangan tersebut gagal.

Peluncuran tersebut memicu peringatan darurat di Jepang sebelum jam 4 pagi waktu setempat melalui sistem penyiaran J-alert, yang memberitahukan penduduk di prefektur paling selatan, Okinawa, untuk berlindung di dalam ruangan.

Sekitar 20 menit setelah peringatan tersebut, pemerintah Jepang menindaklanjuti dengan pemberitahuan bahwa rudal tersebut telah melewati Samudera Pasifik dan mencabut peringatan darurat.

Dalam konferensi pers yang disiarkan televisi, Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Hirokazu Matsuno mengatakan peluncuran rudal yang berulang kali merupakan ancaman terhadap keamanan regional.

"Kami akan memprotes keras Korea Utara dan mengutuknya sekeras-kerasnya," kata dia.

Matsuno mengatakan sebagian roket jatuh ke Laut Kuning, Laut Cina Timur, dan Samudera Pasifik.

Militer Korea Selatan mengecam peluncuran tersebut sebagai provokasi dan pelanggaran terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB yang melarang penggunaan teknologi rudal balistik oleh Korea Utara.

Seorang pejabat AS, yang berbicara tanpa menyebut nama, membenarkan bahwa militer AS mengetahui peluncuran Korea Utara tetapi menolak memberikan rincian.


Badan Pengembangan Dirgantara Nasional (NADA) Korea Utara mengatakan pihaknya akan menyelidiki dan mengambil langkah-langkah untuk memperbaiki penyebab kegagalan pada hari Kamis tersebut, namun hal tersebut bukan masalah besar dalam hal keandalan sistem roket secara keseluruhan.

"NADA menyatakan pendiriannya bahwa mereka akan melakukan peluncuran satelit pengintaian ketiga pada bulan Oktober setelah menyelidiki alasannya secara menyeluruh dan mengambil tindakan," lapor KCNA.

Upaya Korea Utara pada tanggal 31 Mei untuk meluncurkan roket satelit Chollima-1 juga gagal, dengan booster dan muatannya jatuh ke laut setelah kegagalan pada tahap kedua. Media pemerintah menyalahkan kemunduran tersebut pada sistem mesin dan bahan bakar baru yang tidak stabil dan tidak dapat diandalkan.

Korea Selatan menemukan kembali bagian-bagian dari roket yang gagal tersebut, termasuk muatan satelit, yang menurut mereka tampaknya tidak memiliki kemampuan militer.

Bukan suatu kejutan besar jika peluncuran pada hari Kamis tampaknya juga gagal, namun laporan media pemerintah menunjukkan bahwa Korea Utara telah membuat beberapa kemajuan sejak jatuhnya pesawat pada bulan Mei, kata Ankit Panda dari Carnegie Endowment for International Peace yang berbasis di AS.

“Tampaknya masih ada tekanan waktu bagi NADA untuk berhasil mengingat komitmen peluncuran lanjutan pada bulan Oktober,” tambahnya. “Hal ini mungkin memberikan atau tidak memberikan cukup waktu bagi para ilmuwan Korea Utara untuk kembali ke tahap awal dan mengulanginya lagi.”

Korea Utara yang tertutup menganggap program luar angkasa dan roket militernya sebagai hak kedaulatan, dan para analis mengatakan satelit mata-mata sangat penting untuk meningkatkan efektivitas senjata mereka.

Korea Utara telah melakukan beberapa upaya untuk meluncurkan satelit "pengamatan bumi", dua di antaranya tampaknya berhasil ditempatkan di orbit, termasuk pada tahun 2016.

Pengamat internasional mengatakan satelit tahun 2016 tampaknya terkendali, namun masih ada perdebatan mengenai apakah satelit tersebut telah mengirimkan transmisi.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Satelit Mata-mata Korea Utara Korea Selatan Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :