Sabtu, 18/05/2024 15:28 WIB

ICW ke Megawati: Sebaiknya Bu Mega Desak KPK Tangkap Harun Masiku

Peneliti ICW Kurnia Ramadhana mengatakan, lebih baik Megawati mendorong KPK untuk segera menangkap buronan Harun Masiku.

Logo KPK

Jakarta, Jurnas.com - Indonesia Corruption Watch (ICW) merespons pernyataan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang mengusulkan pembubaran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Peneliti ICW Kurnia Ramadhana mengatakan, lebih baik Megawati mendorong KPK untuk segera menangkap buronan kasus korupsi, sekaligus mantan politikus PDIP, Harun Masiku.

"Ketimbang berbicara mengenai pembubaran KPK, sebaiknya bu Mega ikut mendesak KPK agar menuntaskan tunggakan perkara, misalnya menangkap Harun Masiku," kata Kurnia dalam keterangannya, Rabu (23/8).

Selain itu, Kurnia mengatakan bahwa yang penting dilakukan kepada Lembaga Antikorupsi itu bukanlah dibubarkan, melainkan revolusi total.

"Adapun revolusi yang dimaksud dengan cara mengembalikan UU KPK seperti sedia kala dan merombak total struktur Pimpinan KPK," kata Kurnia.

Kurnia mengatakan bahwa Megawati harus paham dulu akar permasalahan yang bikin KPK lemah. Menurut Kurnia, penyebab kinerja KPK tak efektif yaitu partai politik.

"Sebab, produk hukum seperti UU KPK baru lalu terpilihnya Pimpinan KPK penuh kontroversi disepakati oleh sebagian besar partai di DPR," kata Kurnia.

Untuk diketahui, Megawati Soekarnoputri meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membubarkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) itu menilai bahwa KPK tidak lagi efektif memberantas korupsi di Indonesia

"Saya sampai kadang-kadang bilang sama Pak Jokowi, udah deh bubarin aja KPK itu Pak, jadi menurut saya nggak efektif," kata Megawati dalam Acara BPIP di Jakarta Selatan, Selasa, (22/8).

Megawati mengatakan, sampai saat ini korupsi masih merajalela sementara rakyat masih hidup dalam kemiskinan. Menurutnya, alasan maraknya korupsi ada di ranah penegakkan hukum yang kurang memberikan efek jera.

KEYWORD :

KPK Buronan Korupsi Harun Masiku Megawati Soekarnoputri ICW




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :