Kamis, 09/05/2024 18:36 WIB

PAN dan Golkar Dukung Prabowo, Zulkifli Hasan Pastikan KIB Bubar

(KIB) sudah tidak ada, sekarang gabung pakai nama baru kan? Dengan koalisi-nya PAN dan Golkar.

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan dan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto (Foto: Instagram @amanatnasional)

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan memastikan bahwa Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang dibentuknya bersama dengan Golongan Karya (Golkar) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) telah bubar.

Pembubaran koalisi ditengarai setelah PAN dan Golkar mendukung Ketua Umum Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto sebagai calon presiden, sementara PPP mendukung anggota Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo dalam pemilu 2024.

"(KIB) sudah tidak ada, sekarang gabung pakai nama baru kan? Dengan koalisi-nya PAN dan Golkar," kata Zulhas, sapaan karib Zulkifli Hasan ketika ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (14/8).

PAN dan Golkar diketahui merapat ke Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya yang dibentuk Gerindra dan PKB.

Menurut Zulhas, dirinya dan Ketum Golkar Airlangga Hartarto telah berdiskusi panjang sebelum memutuskan untuk mendukung Prabowo.

"Kita kan KIB, KIB diskusi panjang sama Pak Airlangga, setelah melihat perkembangan survei-survei akhirnya KIB memutuskan bergabung dengan Pak Prabowo," ucap dia.

Namun, meskipun menyatakan telah bubar, dia menegaskan bahwa ketiga partai bekas KIB masih tetap menjalin komunikasi. "Ya berkontak saja," ujar Zulhas.

 

KEYWORD :

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan koalisi Pilpres 2024 Prabowo Subianto




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :