Senin, 20/05/2024 00:17 WIB

Muhadjir Effendy Masuk Daftar Tokoh Terpopuler di Jatim

Mantan rektor UMM itu berada di urutan keempat dengan raihan 64,1 persen.

Menko PMK Muhadjir Effendy dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (Foto: Dok. Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Nama Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, masuk dalam daftar tokoh terpopuler di Jawa Timur (Jatim), menurut survei yang dirilis Laboratorium Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Di antara tokoh bukan capres, nama Muhadjir berada di urutan keempat dengan 64,1 persen. Mantan rektor UMM itu berada di belakang Khofifah Indar Parawansa (79,6 persen), Sandiaga Uno (69,9 persen), dan Airlangga Hartanto (69,4 persen).

Adapun tingkat popularitas tokoh nasional di Jatim, Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto masih memimpin dengan capaian 90,5 persen, disusul selanjutnya oleh Ganjar Pranowo (83,9 persen).

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah berada di peringkat ketiga dengan raihan 79,6 persen. Ketua Umum PP Muslimat NU itu mengalahkan Anies Baswedan yang meraih 71,3 persen.

"Survei dilakukan selama Juli di seluruh desa/kelurahan di Jatim yang dipilih acak. Jumlah responden adalah 800 orang dengan sampling error kurang lebih 3,1 persen," terang Koordinator tim survei Laboratorium Ilmu Politik UMM, Ruli Inayah Ramadhoan pada Rabu (9/8).

Dia menambahkan, responden tersebar secara proporsional pada 80 kelurahan dan desa terpilih di 31 kabupaten/kota di Jatim. Proporsi responden laki-laki dan perempuan berimbang 50:50. Juga, proporsi responden yang tinggal di pedesaan dan perkotaan.

Adapun untuk detail hasil survei, lanjut Ruli, akan dipaparkan pada Kamis (10/8) besok di Ruang Sidang Senat UMM. Acara ini akan menghadirkan Prof. Kacung Marijan, Prof. Siti Zuhro, dan dua peneliti UMM yakni Salahuddin dan Asep Nurjaman.

KEYWORD :

Muhadjir Effendy Survei Politik UMM Universitas Muhammadiyah Malang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :