Rabu, 22/05/2024 09:31 WIB

Finalis Miss Universe Indonesia Diminta Foto Telanjang, DPR: Berlawanan dengan Spirit Empowering Perempuan

Jelaslah hal ini berlawanan dengan spirit pageant untuk memberdayakan empowering perempuan. Tidak ada komponen penilaian yang mesti mewajibkan melihat tubuh telanjang peserta.

Wakil ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian. (Foto: Dok. Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian mengecam tindakan yayasan penyelenggara Miss Universe Indonesia 2023 yang diduga meminta finalis difoto tanpa busana dengan dalil body checking.

Politikus Golkar ini menegaskan, kebijakan tersebut sangat  bertentangan dengan upaya pemerintah memberdayakan perempuan.

"Jelaslah hal ini berlawanan dengan spirit pageant untuk memberdayakan empowering perempuan. Tidak ada komponen penilaian yang mesti mewajibkan melihat tubuh telanjang peserta, kok," kata Hetifah kepada wartawan, Selasa (8/8).

Hetifah menyambut baik langkah salah satu finalis Miss Universe Indonesia yang melaporkan kejadian itu kepada polisi. Apalagi, penindakan terhadap pelecehan perempuan sudah diakomodasi negara dalam Undang-Undang (UU) TPKS.

"Harus yang mengalami yang mau melaporkan. Syukurlah sudah ada yang melaporkan. Dan syukurlah UU TPKS sudah disahkan," tandasnya.

Sebelumnya, pelaporan terhadap yayasan penyelenggara Miss Universe Indonesia 2023 terigester dengan nomor LP/B/4598/VII/2023 SPKT POLDA METRO JAYA. Kuasa hukum korban, Mellisa Anggraeni, mengatakan peristiwa tersebut terjadi beberapa hari sebelum penyelenggaraan grand final, tepatnya pada Selasa, 1 Agustus 2023.

Dia menyebutkan saat itu para finalis Miss Universe Indonesia diminta untuk melakukan fitting baju di sebuah ballro hotel tempat penyelenggaraan acara. Namun, tanpa pemberitahuan, mereka justru melakukan pengecekan badan tanpa busana.

"Sebenarnya agendanya fitting, tetapi ada agenda yang mereka buat. Fitting-nya memang iya, tapi di luar itu ada tiba-tiba tanpa diagendakan," kata Mellisa di Polda Metro Jaya.

Menurut Mellisa, body checking dilakukan bukan di tempat privat. Tempat pelaksanaan body checking hanya tertutup banner dan gantungan baju.

"Ballroom bisa kebayang kan ya gede, ada CCTV hanya dibuat sekat dari banner dan gantungan baju. Jadi mereka yang dari dalam bisa melihat dari luar," ucap dia.

 

KEYWORD :

Warta DPR Komisi X Golkar Hetifah Sjaifudian foto telanjang Miss Universe Indonesia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :