Sabtu, 04/05/2024 08:44 WIB

Unud Gelar Rektor Cup II 2023, Ini Daftar Cabornya

Kompetisi tingkat nasional bertajuk `Break Your Limit, Win Every Game` ini akan berlangsung hingga 29 Agustus 2023.

Pembukaan Rektor Cup II 2023 di Universitas Udayana (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Universitas Udayana (Unud) kembali menggelar Rektor Cup II 2023. Kompetisi tingkat nasional bertajuk `Break Your Limit, Win Every Game` ini akan berlangsung hingga 29 Agustus 2023.

Usai dibuka di Lapangan Universitas Udayana Kampus Jimbaran, Sabtu (5/8), Ketua Umum Pelaksana Rektor Cup II 2023 Dewa Gede Wiryangga Selangga mengatakan terdapat lima cabang olahraga (Cabor) yang dipertandingkan, yakni catur, panjat tebing, petanque, GateBall dan cricket.

Pertandingan GateBall dan cricket dilaksanakan di lapangan Universitas Udayana Kampus Jimbaran, kemudian pertandingan catur di Ruang Nusantara Gedung Agrokompleks Kampus Sudirman, lapangan Buyung untuk pertandingan panjat tebing dan pertandingan petanque di lapangan Debes Tabanan.

Pelaksanaan Rektor Cup II ini, lanjut Dewangga, sudah melebihi standarisasi dari Puspresnas karena pesertanya sudah berasal melebihi dari tiga pulau, lima provinsi dan lebih dari 20 universitas.

"Semoga kedepannya kegiatan atau Rektor CUP III Tahun 2024 nanti bisa kembali menginspirasi olahraga di Indonesia," ujar Dewangga.

Ketua Pergatsi Denpasar, Agus Dei dalam sambutannya menyampaikan Universitas Udayana sudah dua tahun terakhir menggelar kejuaraan Rektor Cup, guna memberikan ruang bagi para atlet.

Atlet-atlet yang mengikuti ajang ini juga merupakan atlet-atlet yang telah disiapkan oleh pengurus provinsi untuk menghadapi BK PON.

Sementara itu, Rektor Unud Prof. I Nyoman Gde Antara dalam sambutannya menyampaikan Rektor Cup Universitas Udayana bertujuan menjadi wadah membina atlet-atlet beberapa cabang olahraga di perguruan tinggi.

"Dengan terselenggaranya Rektor CUP ini kami harapkan akan lahir atlet-atlet di bidangnya sehingga nanti bisa mengisi hal-hal yang memang diperlukan bagi universitas karena memiliki atlet yang sudah teruji diberbagai kesempatan," terang dia.

"Kemudian selebihnya sebagai pengelola perguruan tinggi bagaimana kita bisa menyelaraskan dan menyeimbangkan bagaimana mahasiswa itu tidak saja kita didik didalam kelas, juga secara tidak langsung kita didik di luar kelas," tutup dia.

Diketahui, Rektor Cup II diharapkan mendorong mahasiswa untuk berprestasi di berbagai bidang. Unud memiliki PJMP (Penelusuran Jalur Mandiri Prestasi) untuk menjaring siswa berprestasi tingkat nasional untuk masuk Unud tanpa mengikuti tes dan tahun ini sudah diluluskan 69 orang. Siswa yang berprestasi ini diharapkan nanti bergabung dan dapat memperkuat UKM-UKM yang sudah ada.

KEYWORD :

Universitas Udayana Unud Rektor Cup Kompetisi Perguruan Tinggi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :