Sabtu, 04/05/2024 04:57 WIB

Internasional

Kehebatan Kakek Ini Melebihi Captain America

Meski gaji Zhao hanya Rp4 juta, tapi entah bagaimana ia hidup dengan menyumbangkan sebagian gajinya kepada anak-anak tak mampu. 

Zhao Yongjiu (Foto: Odditycentral)

Shenyang - Mungkin Anda terkagum-kagum bahkan terpukau dengan kehebatan Captain America yang menyelamatkan jutaan nyawa orang. Namun kehebatan itu di film belaka, hanya imajinasi produser semata.

Dalam dunia nyata, tentu jauh lebih hebat Zhao Yongjiu (56) daripada Captain America. Pria kelahiran China ini sungguh punya hati mulia. Meski bekerja sebagai pembersih jalan, sudah tiga dekade terakhir ini Zhao membiayai sekolah tiga puluh tujuh anak miskin dengan gajinya.

Setiap pagi-pagi buta sekitar pukul 4:30, Zhao meninggalkan rumahnya untuk membersihkan jalan di kota Shenyang, Provinsi Liaoning, China. Ia baru pulang ke rumah sekitar pukul 21.00. Aktivitas ini ia lakukan lebih dari 30 tahun.

Dilansir Odditycentral, gaji Zhao hanya 2.400 yuan atau sekitar Rp4 juta, hampir tidak cukup untuk hidup yang layak.

Tapi entah bagaimana ia hidup dengan menyumbangkan sebagian gajinya kepada anak-anak tak mampu. Jika diakumulasi selama tiga dekade itu, Zhao mengeluarkan 170.000 yuan atau sekitar Rp330 juta.

Kisah Zhao Yongjiu ini jadi viral di sosial media. Publik di China terkesan dengan kemurahan hatinya. Bahkan ada yang menyebutnya pahlawan kehidupan nyata.

"Jika lebih banyak orang seperti penyapu jalan tua ini, maka dunia akan menjadi tempat yang lebih baik," tulis salah satu orang di Sina Weibo, Twitter versi China.

 

 

KEYWORD :

China Zhao Yongjiu Super hero




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :