Minggu, 19/05/2024 08:52 WIB

Mendikbudristek Sebut Peminat Program PMM Bertambah

Mendikbudristek Sebut Peminat Program PMM Bertambah

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim (Foto: Youtube)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim menyebut peminat program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) hingga saat ini terus bertambah.

Hal tersebut disampaikan saat melepas 15.286 peserta PMM angkatan ke-3 pada Kamis pekan lalu. Para mahasiswa akan mengikuti perkuliahan selama satu semester di perguruan tinggi penerima di luar klaster pulau perguruan tinggi asal.

"Sejak diluncurkan tiga tahun yang lalu saya telah melihat betapa antusiasnya para mahasiswa menyambut Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka ini," kata Nadiem dalam siaran pers pada Selasa (1/8).

"Karena terus meningkatnya antusiasme tersebut, pada periode ketiga ini kami mengirimkan lebih banyak mahasiswa dari periode-periode sebelumnya," imbuh dia.

Mendikbudristek juga berpesan supaya para mahasiswa memanfaatkan kesempatan yang dimiliki selama mengikuti program ini, untuk belajar banyak hal dan memperoleh pengalaman-pengalaman berharga.

"Pelajari secara mendalam kultur masyarakat setempat dan hargai setiap perbedaan. Perbanyaklah diskusi dan bertukar pikiran dengan sosok-sosok inspiratif di sana dan ambil semua kesempatan yang akan memperkuat karakter dan kompetensi kalian di berbagai bidang," ujar dia.

Nadiem menambahkan, mahasiswa adalah sosok yang diharapkan mampu menyebarluaskan semangat toleransi, penggerak perubahan bagi lingkungan sekitarnya.

Oleh karena itu, Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka hadir guna mempersiapkan para mahasiswa yang mampu meningkatkan dan menggerakkan kebinekaan Indonesia.

"Saya ucapkan selamat kepada seluruh peserta yang dinyatakan lolos seleksi. Apresiasi saya untuk para mahasiswa Indonesia yang terus semangat, berani keluar dari zona nyaman dan mencari tantangan baru," tutup Nadiem.

KEYWORD :

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim Pertukaran Mahasiswa Merdeka PMM Angkatan ke-3




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :