Jum'at, 17/05/2024 04:11 WIB

Di Bawah Terik, Warga Irak Protes Kelangkaan Air dan Listrik

Puluhan warga Irak turun ke jalan-jalan di Baghdad memprotes kekurangan air dan listrik.

Para pengunjuk rasa menaungi diri saat berbaris dalam demonstrasi menentang kelangkaan air dan pemadaman listrik di Bagdad pada 18 Juli 2023 selama gelombang panas. (AFP)

JAKARTA Jurnas.com - Meskipun suhu sangat tinggi, puluhan warga Irak turun ke jalan-jalan di Baghdad pada Selasa (18/7) untuk memprotes kekurangan air dan listrik, dan menyalahkan Turki atas berkurangnya aliran sungai.

Tercatat oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai salah satu dari lima negara di dunia yang paling tersentuh oleh beberapa dampak perubahan iklim, Irak mengalami musim kemarau keempat berturut-turut.

"Kami datang untuk memprotes secara damai dan menuntut air dari pemerintah dan negara sumber," kata Najeh Jawda Khalil kepada AFP sekitar tengah hari saat suhu mendekati 50 derajat Celcius (122 derajat Fahrenheit).

“Daerah pertanian dan rawa-rawa hilang,” kata Khalil, yang melakukan perjalanan ke ibu kota Irak dari provinsi tengah Babilonia untuk pawai tersebut. “Tidak ada listrik atau air.”

Selain penurunan curah hujan dan kenaikan suhu, pihak berwenang Irak mengatakan pembangunan bendungan di hulu oleh Turki dan Iran telah mempengaruhi volume air di sungai Tigris dan Efrat yang melalui Irak.

“Jika pemerintah Turki terus mencabut air dari warga Irak, kami akan bergerak ke arah internasionalisasi masalah air dan memboikot produk Turki,” bunyi tanda di demonstrasi.

Musim panas di Irak adalah contoh utama dari konvergensi berbagai krisis yang membebani kehidupan 43 juta penduduk yang kuat: suhu yang meningkat, kekurangan air yang parah, dan sektor listrik yang bobrok – diperburuk oleh korupsi yang merajalela dan salah urus publik.

“Dua puluh tahun dan krisis listrik berulang setiap tahun,” baca spanduk lain, merujuk pada waktu yang telah berlalu sejak jatuhnya Saddam Hussein dalam invasi pimpinan AS.

Dirusak oleh konflik puluhan tahun, Irak bergantung pada impor gas Iran untuk sepertiga dari kebutuhan energinya.

Umumnya, pemadaman listrik bisa berlangsung hingga 10 jam sehari. Tapi setiap musim panas ketika termometer naik, pasokan listrik publik memburuk.

Hanya mereka yang mampu yang dapat menghubungkan rumah mereka ke generator lingkungan untuk menutupi kekurangan pasokan.

Kekurangan air telah memicu ketegangan antara Turki dan Irak, yang menuntut Ankara melepaskan lebih banyak air dari bendungan hulu di sepanjang sungai.

“Saat ini, Irak hanya menerima 35 persen dari hak atas airnya. Ini berarti bahwa Irak telah kehilangan 65 persen airnya, entah itu dari Tigris atau Efrat,” Khaled Chamal, juru bicara Kementerian Sumber Daya Air, mengatakan kepada AFP.

Pada musim panas 2022, duta besar Turki untuk Baghdad memicu kemarahan setelah menuduh warga Irak membuang-buang air dan mendesak “modernisasi sistem irigasi”.

Para ahli mengatakan dia mungkin ada benarnya. Petani Irak membanjiri ladang mereka, daripada mengairinya yang lebih efisien.

Sumber:Al Arabiya

KEYWORD :

Protes Kelangkaan Air Warga Irak Kelangkaan Air dan Listrik




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :