Kamis, 25/04/2024 15:38 WIB

Pindahkan Pemakaman, Keluarga Ini Nekad Gali Kuburan Jenazah Pasien Covid-19

Abu Haider dan kerabatnya membutuhkan beberapa jam untuk menggali kuburan keponakannya dan menggali mayat di sebuah pemakaman di kota Najaf di Irak selatan

Anggota keluarga mengunjungi makam ayah mereka di pemakaman khusus virus korona pada 04 September 2020 di Sulaymaniyah, Irak [Hawre Khalid / Getty Images]

Jakarta, Jurnas.com - Abu Haider dan kerabatnya membutuhkan beberapa jam untuk menggali kuburan keponakannya dan menggali mayat di sebuah pemakaman di kota Najaf di Irak selatan yang dibangun khusus untuk para korban COVID-19.

Setelah selesai, mereka menyelimuti tubuh dengan seprai putih, memasukkannya ke bagian belakang truk pickup, dan berangkat untuk memasukkannya kembali ke kuburan tua "Lembah Perdamaian" Najaf, tempat peristirahatan tradisional bagi Syiah Irak.

Dengan melakukan itu, Abu Haider tidak hanya menghilangkan rasa sakit karena kehilangan orang yang dicintai karena pandemi virus corona yang telah menginfeksi hampir 300.000 warga Irak dan menewaskan lebih dari 8.000.

Dia juga menentang perintah para pemimpin agama yang menganggap kuburan baru sebagai tempat pemakaman yang sah.

Rashid al-Husseini, seorang wakil ulama terkemuka Syiah Irak, Ayatollah Ali al-Sistani, mengkritik orang-orang yang memindahkan mayat.

“Kita tidak boleh menggali kuburan Muslim, ini jelas di antara para pemimpin agama, dalam posisi mereka, dan dalam buku-buku mereka,” katanya dilansir Middleeast, Rabu (16/09).

Abu Haider, seorang penganut Syiah, mengatakan dia tidak punya pilihan selain menentang dekrit tersebut.

"Kami tidak melihat keluarga kami yang tewas, korban virus korona, kami tidak diizinkan bersama mereka, mereka dimakamkan secara acak," katanya kepada Reuters, setelah berkendara lebih dari 300 km (186 mil) dari provinsi Maysan di Irak timur ke memindahkan jenazah keponakannya.

Kuburan tua adalah tempat anggota keluarganya dimakamkan secara turun-temurun.

Setelah merebaknya pandemi di Irak, beberapa suku dan otoritas agama di berbagai bagian negara menolak menguburkan korban virus corona di pemakaman setempat, karena khawatir jenazah masih bisa menular.

Ini adalah alasan utama di balik pembuatan kuburan khusus untuk korban COVID-19, Abdul Hassan Kadhim, pemimpin tim pemakaman yang terdiri dari sukarelawan dari kelompok paramiliter yang disponsori negara mengatakan kepada Reuters pada bulan Juni.

Sejauh ini, lebih dari 4.000 korban COVID-19 dari seluruh negeri dan dari sekte agama yang berbeda telah dimakamkan di pemakaman baru Najaf.

Pada bulan-bulan pertama, penguburan sering dilakukan pada tengah malam dan hanya diperbolehkan satu anggota keluarga untuk hadir. Banyak kerabat korban COVID-19 merasa tidak bisa berduka cita dengan baik.

Mengikuti petunjuk dari Organisasi Kesehatan Dunia bahwa risiko penularan post-mortem tampaknya rendah, otoritas kesehatan Irak pekan lalu mengeluarkan pernyataan yang memungkinkan keluarga untuk menguburkan kembali jenazah, dalam kondisi tertentu.

Terlepas dari penolakan dari otoritas tertinggi Syiah, puluhan keluarga telah memindahkan jenazah kerabat dari kuburan baru ke kuburan lama, berharap mereka tidak akan pernah menginjakkan kaki di tempat yang mereka sebut "kuburan virus korona" lagi.

KEYWORD :

Warga Irak Pasien Covid-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :