Minggu, 19/05/2024 07:34 WIB

Obat Alzheimer ACI193 Lulus Uji Coba Keamanan

Obat Alzheimer ACI193 Lulus Uji Coba Keamanan

File gambar scan otak dalam analisis ilmiah penyakit Alzheimer. (Foto: iStock/digicomphoto)

New York, Jurnas.com - Obat penyakit Alzheimer yang dikembangkan oleh Acumen Pharmaceuticals lulus uji keamanan awal. Selanjutnya, obat yang menargetkan bentuk baru dari protein beta amiloid beracun di otak itu akan berlanjut ke uji coba yang lebih besar.

Obat ACI193 dapat ditoleransi dengan baik dalam uji coba pertama yang mengujinya pada manusia. Hasil studi acak terkontrol plasebo dari 62 pasien dengan penyakit Alzheimer dini, dipresentasikan pada Konferensi Internasional Asosiasi Alzheimer di Amsterdam.

Dikutip dari Reuters pada Minggu (16/7), Kepala Petugas Media Acumen, Dr. Eric Siemers mengatakan, obat itu menargetkan dan mengikat oligimer beta amiloid, versi protein amiloid yang beracun dan larut yang membentuk plak otak yang terkait dengan penyakit perampokan memori.

Targetnya mirip dengan Biogen dan Eisai`s yang baru-baru ini disetujui Leqembi. Leqembi memenangkan persetujuan standar AS awal bulan ini, setelah menunjukkan obat itu bisa menghilangkan plak amiloid dan memperlambat kemajuan Alzheimer pada pasien tahap awal.

Dalam uji coba ketajaman, 10,4 persen peserta yang dirawat terkaiy kondisi pembengkakan otak yang dikenal sebagai ARIA-E. Dari jumlah tersebut, hanya satu peserta yang menampakkan gejala, setelah pemberian obat dihentikan. Adapun 8,3 persen lainnya mengalami pendarahan di otak yang terkait dengan pengobatan, yang dikenal sebagai ARIA-H.

"Karena antibodi ini menargetkan oligimer tetapi tidak dimaksudkan untuk menargetkan plak, kami tidak tahu apakah kami akan mendapatkan ARIA atau tidak," kata Siemers. Dia menambahkan bahwa kasus ARIA mungkin menunjukkan bahwa obat tersebut memiliki efek.

Orang yang mendapat dosis obat yang lebih tinggi juga menunjukkan penurunan plak amiloid setelah 6 sampai 12 minggu. Studi juga menunjukkan obat dapat diberikan sebagai infus intravena bulanan.

KEYWORD :

Alzheimer Obat ACI193 Kesehatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :