Kamis, 09/05/2024 16:44 WIB

Sebanyak 22 Orang Tewas Akibat Hujan Deras dan Banjir di India

Hujan deras di India utara telah menewaskan sedikitnya 22 orang, serta menyebabkan tanah longsor dan banjir bandang di wilayah tersebut.

Banjir Sungai Beas akibat hujan lebat di Kullu, Himachal Pradesh, India, pada 9 Juli 2023. (Foto: AP/Aqil Khan)

JAKARTA, Jurnas.com - Hujan deras di India utara telah menewaskan sedikitnya 22 orang, serta menyebabkan tanah longsor dan banjir bandang di wilayah tersebut. Demikian menurut pihak berwenang dan media setempat, Senin (10/7).

Sekolah-sekolah di New Delhi ditutup setelah hujan lebat mengguyur ibu kota nasional selama akhir pekan, dan pihak berwenang di negara bagian Himachal Pradesh dan Uttarakhand di Himalaya meminta orang-orang untuk tidak keluar rumah kecuali diperlukan.

Pihak berwenang juga mengatakan New Delhi menerima curah hujan terbanyak dalam beberapa dekade. Itu dibanjiri dengan 153mm hujan, curah hujan tertinggi dalam satu hari di bulan Juli dalam 40 tahun.

Setidaknya 22 orang tewas dalam banjir dan tanah longsor di negara bagian utara Himachal Pradesh, Uttarakhand, Uttar Pradesh, Jammu dan Kashmir dan Punjab pada hari Minggu, surat kabar Times of India melaporkan.

Di negara bagian utara Himachal Pradesh, banjir bandang selama akhir pekan meruntuhkan jembatan dan menyapu beberapa gubuk. Pihak berwenang menggunakan helikopter untuk menyelamatkan warga yang terdampar di jalan dan jembatan karena hujan, rekaman dari mitra Reuters ANI menunjukkan.

Jalan-jalan di seluruh negara bagian utara, termasuk di Punjab, Delhi, dan Uttarakhand terendam banjir. Di beberapa daerah, petugas penyelamat menggunakan rakit karet untuk menyelamatkan orang-orang yang terdampar di dalam rumah mereka, kata media setempat.

"Tolong tetap di dalam rumah Anda karena hujan yang lebih deras diperkirakan terjadi dalam 24 jam ke depan," kata Ketua Menteri Himachal Pradesh Sukhvinder Singh Sukhu dalam seruan di media sosial pada Minggu malam.

Banyak distrik di Himachal Pradesh menerima curah hujan satu bulan dalam satu hari pada akhir pekan, kata seorang pejabat senior departemen cuaca.

Delhi, Punjab, dan Himachal Pradesh telah menerima curah hujan 112 persen, 100 persen dan 70 persen lebih banyak daripada rata-rata sejauh ini di musim hujan saat ini yang dimulai pada 1 Juni, menurut departemen tersebut.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Hujan Deras di India Korban Tewas Akibat Banjir Cuaca Ekstrem India Utara




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :