Sabtu, 18/05/2024 11:36 WIB

Anggota DPR Minta BRIN Fasilitasi Penelitian Bahan Bakar Air Nikuba

Kalau memang terbukti (proof of concept), maka akan baik sekali kalau Pemerintah terus memfasilitasi temuan ini, sehingga benar-benar dapat dikomersialisasi dalam skala industri. Jangan belum apa-apa sudah dipandang sebelah mata oleh BRIN. Jangan sampai terkesan inovasi anak bangsa tidak dihargai di negeri sendiri. Padahal negara lain malah menghargainya.

Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto. Foto: Azka/Man

Jakarta, Jurnas.com - Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto, minta BRIN memfasilitasi dan melakukan uji kinerja (peformance test) atas karya Aryanto Misel yang berhasil menciptakan inovasi bahan bakar air bertajuk Nikuba (Niku Banyu).

Menurut dia, BRIN perlu turun tangan memverifikasi sekaligus memvalidasi inovasi Nikiba yang katanya dilirik petinggi otomotif di Italia seperti Lamborghini dan Ducati.

"Kalau memang terbukti (proof of concept), maka akan baik sekali kalau Pemerintah terus memfasilitasi temuan ini, sehingga benar-benar dapat dikomersialisasi dalam skala industri. Jangan belum apa-apa sudah dipandang sebelah mata oleh BRIN. Jangan sampai terkesan inovasi anak bangsa tidak dihargai di negeri sendiri. Padahal negara lain malah menghargainya," kata Mulyanto kepada wartawan, Kamis (6/7).

Wakil Ketua Fraksi PKS ini menambahkan, BRIN seharusnya mendorong munculnya inovasi anak bangsa melalui berbagai program. Sehingga jiwa kreativitas masyarakat khususnya anak muda tetap tumbuh.

"Ini penting di era disrupsi seperti sekarang ini. Dan BRIN punya peran untuk itu," imbuhnya.

Namun demikian, menurut Mulyanto, berbagai temuan ilmiah termasuk inovasi rakyat tersebut tidak boleh dipolitisasi agar penilaian publik tidak bias. Jangan seperti kasus politisasi inovasi “Blue Energi” dan Esemka. Keduanya merupakan pelajaran berharga yang tidak boleh diulangi.

"Sepengetahuan saya BPPT (sekarang sudah melebur ke dalam BRIN) memiliki kemampuan untuk melakukan uji kinerja disertai dengan perhitungan keseimbangan energi (energy balance). Jadi kalau BRIN nya aktif dan inovatornya juga terbuka, semestinya soal-soal seperti ini bisa diselesaikan dengan baik," tandas Mulyanto.

 

 

 

 

KEYWORD :

Warta DPR Komisi VII BRIN Mulyanto bahan bakar air Nikuba




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :