Sabtu, 04/05/2024 01:35 WIB

Sambut Harganas, BKKBN Gelar Sunatan Massal dan Donor Darah

Bakti sosial yang digelar BKKBN hari ini merupakan rangkaian dari kegiatan Harganas yang digelar setiap 29 Juni. Tahun ini puncak peringatan Harganas diperingati secara nasional di Kota Palembang, Sumatera Selatan pada 6 Juni 2023

Inspektur Utama (Irtama), Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Ari Dwikora Tono (t) (Foto: Supianto/Jurnas)

JAKARTA, Jurnas.com - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggelar bakti sosial donor darah dan sunatan massal di Kantor Pusat BKKBN di Jakarta Timur, Selasa (27/6).

Bakti sosial yang digelar BKKBN hari ini merupakan rangkaian dari kegiatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang digelar setiap 29 Juni. Tahun ini puncak peringatan Harganas diperingati secara nasional di Kota Palembang, Sumatera Selatan pada 6 Juni 2023.

"Kegiatan ini hanyalah salah satu dari seluruh banyak rangkaian acara di dalam menyambut Harganas," kata Inspektur Utama (Irtama), Ari Dwikora Tono saat membacakan sambutan Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo.

Dikatakan Ari bahwa donor darah bisa menyelamatkan nyawa hingga tiga orang. Sementara bagi pendonor bisa merasakan manfaat, baik secara fisik maupun secara mental.

"Secara fisik, donor darah memberikan manfaat seperti menurunkan risiko penyakit jantung, mengurangi kekentalan darah, dan menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh," jelas Ari.

Donor darah, lanjut Ari, merupakan salah satu cara menolong orang lain yang dapat membantu mengurangi rasa stres dan perasaan negatif, meningkatkan kebersamaan dan menurunkan rasa keterasingan, serta meningkatkan kesejahteraan emosi.

Sementara itu, Direktur Bina Akses Pelayanan Keluarga Berencana (KB) BKKBN, Zamhir Setiawan mengatakan bahwa pihaknya menargetkan 130 kantong darah dan untuk sunatan massal sebanyak 100 anak.

"Target kita untuk donor darah adalah 130 kantong darah dan juga sunatan 100 anak, yang sudah berlangsung dari pagi dan akan terus kita galakkan sampai siang nanti," kata dia.

Dia berharap melalui bakti sosial ini, masyarakat sekitar kantor BKKBN ikut merasakan momen Harganas. Di samping itu juga untuk mendukung kebutuhan ketersediaan cadangan darah Palang Merah Indonesia (PMI).

"Kemudian di samping itu secara umum kita ingin meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia, khususnya kepada orang tua dan anak-anak," imbuh Zamhir.

BKKBN juga telah menyelenggarakan pelayan sejuta akseptor (PSA) pada 14 Juni 2023. Hasilnya luar biasa karena dalam 24 jam dari target 1.244.348, BKKBN berhasil memberikan pelayan kepada 1.256.405 akseptor.

KEYWORD :

Harganas 2023 Harganas ke-30 Hari Keluarga Nasional Sunatan Massal Donor Darah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :