Minggu, 05/05/2024 07:33 WIB

Srimdi Untar: Desain Interior Tak Cuma Sekadar Estetik

Estetika dan tampilan visual (visual image) bukan satu-satunya tujuan dalam mendesain sebuah interior ruangan

Ilustrasi desain interior rumah (Foto: Unsplash)

Jakarta, Jurnas.com - Estetika dan tampilan visual (visual image) bukan satu-satunya tujuan dalam mendesain sebuah interior ruangan. Lebih dari itu, kebutuhan pengguna seharusnya menjadi prioritas.

Hal ini menjadi bahasan dalam Seminar Riset Mahasiswa Desain Interior (Srimdi) Universitas Tarumanagara (Untar), yang berlangsung secara daring pada Kamis (22/6) kemarin.

"Ruang interior bukan fisik dan visual image saja, tapi interior adalah ruang yang dihuni, ruang tempat manusia tinggal, aktivitas, dan interaksi. Harus ada perubahan mindset dalam mendesain interior," kata Guru Besar Arsitektur Universitas Indonesia (UI), Prof. Paramita Atmodiwirjo, PhD.

Oleh karena itu, Paramita mendorong mahasiswa Desain Interior Universitas Tarumanagara nantinya ketika merancang sebagai desain tidak hanya terpaku pada intuisi demi memuaskan estetika visual, melainkan juga berbasis pada data.

"Harus mengutamakan kinerja, bagaimana dia tampil, kerja, perform. Selesai kita desain, maka setelah itu ada pengguna yang mengokupansi ruang," jelas dia.

Hal senada disampaikan Dosen Desain Interior Untar, Anastasia Cinthya Gani. Menurut dia, sebuah desain ruangan seyogyanya memperhatikan aspek kenyamanan pengguna. Hal ini berkonsekuensi pada pemilihan bahan atau material yang dapat menunjang fungsionalitas.

"Misalnya pemilihan lantai, pelapis dinding, cat, tekstik, dan bahan permukaan. Juga dapat mempertimbangkan faktor daya tahan, seperti perawatan (maintenance) dan keberlanjutan," ujar Anastasia.

Ketua Prodi Desain Interior Untar, Maitri Widya Mutiara dalam sambutannya menyebut ini merupakan tahun ketiga Srimdi digelar. Kegiatan yang merupakan bagian dari Implementasi Kurikulum Merdeka ini, menurut Maitri, cukup positif karena dapat menambah wawasan bagi mahasiswa.

"Kegiatan ini diharapkan terus berlangsung dan tentunya dengan adanya artikel dari mahasiswa, itu membuktikan pembelajaran ini sudah dilakukan," tutup Maitri.

KEYWORD :

Srimdi Universitas Tarumanagara Desain Interior Estetika




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :