Minggu, 05/05/2024 17:17 WIB

Mentan Syahrul Yasin Limpo Tegaskan Tidak Suka Pihak yang Doyan Impor

Kesuksesan ini berbuah penghargaan dari Food and Agriculture Organization (FAO) dan The International Rice Research Institute (IRRI).

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo memberikan keterangan pers kepada awak media Balai Besar Karantina Pertanian Soekarno Hatta, Senin, 22 Mei 2023. (Foto: Supianto/Jurnas.com)

JAKARTA, Jurnas.com - Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo menegaskan tidak suka dengan pihak yang doyan mengimpor dan bermain-main dengan petani.

Mentan Syahrul mengatakan, produktivitas pertanian terbilang cukup tinggi selama tiga tahun terakhir. Kesuksesan ini berbuah penghargaan dari Food and Agriculture Organization (FAO) dan The International Rice Research Institute (IRRI).

"Pernah dengar orang lapar di saat covid? Data BPS (Badan Pusat Statistik) menyebut sektor pertanian naik sampai 16,42 persen. Jadi, sekali lagi saya tidak suka orang-orang yang impor dan bermain-main untuk dengan petani," tegas dia saat memimpin upacara Hari Krida Pertanian di kantor pusat Kementan, Rabu (21/6).

Bekas gubernur Sulawesi Selatan itu pun mempertanyakan sampai kapan pihak tersebut akan membuka keran impor saat panen raya melimpah dan produktivitas Indonesia tertinggi selama 77 tahun.

"Karena itu, saya selalu marah dengan impor. Produktivitas kita tinggi, buat apa impor," tutur Mentan Syahrul.

Dia mengatakan, selama ini kinerja sektor pertanian cukup memuaskan mengingat dalam empat tahun terakhir Indonesia berhasil melewati berbagai ancaman krisis global terutama saat pandemi maupun perubahan cuaca iklim dunia.

"Hal ini terbukti karena pertanian mampu tumbuh sebesar 16,42 persen di saat sektor lainya terpuruk akibat pandemi covid-19," imbuh politikus dari Partai NasDem itu.

Sementara itu, pegawai Kementan dari Biro Humas dan Informasi Publik, Helmi Naibaho mengaku bangga dengan kinerja sektor pertanian dibawah pimpinan Syahrul Yasin Limpo. Dia ingin kebanggaan ini menjadi pelecut utama dalam meningkatkan kinerja kementan di tahun yang akan datang.

"Selama 20 tahun di kementan saya sangat bangga karena ini adalah momen-momen yang luar biasa di hari krida kita melihat petani kita semakin sejahtera. Dan sebagai PNS kita harus berani mengutamakan prioritas untuk memajukan pertanian," jelasnya.

KEYWORD :

Syahrul Yasin Limpo Impor Pangan Hari Krida Pertanian 2023




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :