Rabu, 01/05/2024 12:52 WIB

Ini 4 Resep Jitu Mengendalikan Amarah

Ini 4 Resep Jitu Mengendalikan Amarah

Ilustrasi marah (Foto: Doknet)

Jakarta, Jurnas.com - Kemarahan merupakan sesuatu yang lazim ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Ada banyak akar dari rasa marah, di antaranya ketakutan atau stres berkelanjutan.

Menurut laporan Mental Health Foundation, 12 persen manusia berjuang mengendalikan amarah, 28 persen khawatir tentang kemarahannya, dan 64 persen yakin tidak semua marah itu buruk.

"Kemarahan adalah salah satu emosi yang paling membantu, asalkan Anda dapat belajar mengatasinya. Anda tidak dapat memproses apa yang tidak dapat Anda kenali," kata pakar kesehatan mental, Gurpreet Singh, dikutip dari Daily Star pada Jumat (16/6).

Berikut ini empat resep jitu mengendalikan amarah:

1. Pahami asalnya

Sebaiknya cari tahu akar masalah yang menyebabkan Anda marah. Barangkali, ada sesuatu yang seharusnya Anda selesaikan supaya tidak marah.

"Tidak jarang menemukan bahwa ketika Anda berpikir Anda marah tentang sesuatu, Anda sebenarnya marah tentang hal lain," terang Gurpreet.

"Kamu mungkin berdebat dengan pasanganmu tentang piring, tapi bisa jadi sebenarnya kemarahan itu tentang ketidakadilan dalam hubungan," imbuh dia.

2. Marah

Ya, Anda tidak salah membaca. Cara mengendalikan amarah, dengan melampiaskan kemarahan tersebut. Pasalnya, memendam emosi ini justru lebih buruk akibatnya.

"Kemarahan seharusnya memberi Anda energi, untuk membantu Anda berdiri dan melakukan hal-hal yang tidak dapat Anda lakukan tanpanya," ujar dia.

3. Ambil waktu sejenak

Jangan sampai kemarahan menguasai diri Anda, dan malah menimbulkan masalah ke mana-mana. Sebaiknya, memberi diri Anda waktu beberapa saat untuk memikirkan kemarahan tersebut.

"Berteriaklah ke bantal, menangislah, jalan-jalan, atau bakar adrenalin," tutur dia.

4. Minta bantuan pakar

Jika merasa terlalu sering marah, maka Anda tampaknya harus mendapatkan konseling dari pakar mental. Sebab, dalam banyak kasus, kemarahan merupakan respons terhadap trauma sebelumnya.

KEYWORD :

Amarah Emosi Mengendalikan Marah Kesehatan Mental




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :