Minggu, 28/04/2024 19:12 WIB

5 Tips Tidur saat Suhu di Luar Rumah Terlalu Panas

5 Tips Tidur saat Suhu di Luar Rumah Terlalu Panas

Ilustrasi tidur (Foto: Doknet)

Jakarta, Jurnas.com - Suhu panas di Indonesia akhir-akhir ini menjadi masalah bagi banyak orang. Selain mengganggu aktivitas, juga membuat sebagian orang kesulitan tidur apabila tidak menggunakan pendingin ruangan (AC).

Kurangnya waktu tidur dapat merembet ke berbagai urusan, salah satunya produktivitas kerja. Oleh karena itu, dikutip dari Daily Star, berikut ini lima tips tidur saat hawa panas:

1. Siapkan air minum

Selalu simpan sebotol air minum di samping tempat tidur Anda, jika merasa terlalu panas. Pastikan untuk minum dengan cukup di siang hari juga. Sebab, jika Anda mengalami dehidrasi, kemungkinan besar mata akan tetap melek.

2. Simpan Seprai di Kulkas

Cara ini viral di Twitter beberapa waktu lalu. Salah seorang pengguna merekomendasikan supaya menyimpan sarung bantal dan seprai di dalam kulkas selama setengah jam sebelum tidur.

"Ini memungkinkan bahan menyerap udara dingin dan memberikan permukaan yang dingin dan nyaman untuk Anda tidur," kata warganet.

3. Dinginkan titik nadi dengan es batu

Pakar tidur Sealy, Neil Robinso mengungkapkan bahwa hanya es batu yang dibutuhkan untuk mendinginkan ketika hendak tidur. Es batu tersebut diletakkan di titik-titik nadi.

4. Rendam kaki dengan air dingin

Jika Anda merasa terganggu oleh cuaca panas, maka tidak ada salahnya merendam kaki di dalam seember air es. Cara ini memungkinkan Anda mencelupkan kaki dengan cepat tanpa membuat waktu tidur yang berharga.

5. Memakai piyama dari katun

Sebaiknya menggunakan piyama berbahan katun ketika tidur dalam suhu panas. Sebab, jika memilih melepas busana, maka keringat yang jatuh ke tempat tidur, akan membuat ranjang terasa lebih gerah. Piyama katun membantu menyerap keringat dan hawa tidak akan terlalu panas.

KEYWORD :

Tidur Suhu Panas Tips Kesehatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :