Senin, 29/04/2024 13:41 WIB

Tiba di China, Bill Gates akan Temui Presiden Xi Jinping

Menurut dua orang yang mengetahui hal tersebut, pertemuan itu akan menandai pertemuan pertama Xi dengan pengusaha swasta asing dalam beberapa tahun terakhir.

Miliarder Amerika dan pengembang perangkat lunak Bill Gates (Foto: Getty Images)

JAKARTA, Jurnas.com - Bill Gates, salah satu pendiri Microsoft Corp akan bertemu dengan Presiden China, Xi Jinping pada Jumat (16/6) selama kunjungannya ke Negeri Tirai Bambu itu.

Menurut dua orang yang mengetahui hal tersebut, pertemuan itu akan menandai pertemuan pertama Xi dengan pengusaha swasta asing dalam beberapa tahun terakhir.

Gates dan Xi Jinping akan melakukan pertemuan empat mata. Akan tetapi, belum diketahui apa yang bakal dibahas keduanya.

Miliarder ini mentwit pada Rabu (14/6) bahwa dia telah mendarat di Beijing untuk pertama kalinya sejak 2019 dan bahwa dia akan bertemu dengan mitra yang telah menangani tantangan kesehatan dan pembangunan global dengan Bill & Melinda Gates Foundation.

Gates mengundurkan diri dari dewan Microsoft pada tahun 2020 untuk fokus pada pekerjaan filantropi terkait kesehatan global, pendidikan, dan perubahan iklim. Dia berhenti dari peran eksekutif penuh waktunya di Microsoft pada tahun 2008.

Pertemuan terakhir yang dilaporkan antara Xi dan Gates terjadi pada tahun 2015, ketika mereka bertemu di sela-sela forum Boao di provinsi Hainan.

Pada awal tahun 2020, Xi menulis surat kepada Gates berterima kasih kepadanya, dan Yayasan Bill & Melinda Gates, atas janji bantuan ke China termasuk US$5 juta untuk perjuangannya melawan COVID-19.

Pertemuan itu akan menandai akhir dari jeda panjang Xi dalam beberapa tahun terakhir dari bertemu pengusaha swasta asing dan pemimpin bisnis, setelah presiden China berhenti bepergian ke luar negeri selama hampir tiga tahun karena China menutup perbatasannya selama pandemi.

Beberapa CEO asing telah mengunjungi China sejak dibuka kembali awal tahun ini, tetapi sebagian besar hanya bertemu dengan menteri pemerintah.

Perdana Menteri China, Li Qiang bertemu dengan sekelompok CEO termasuk Tim Cook dari Apple pada bulan Maret dan sebuah sumber mengatakan kepada Reuters bahwa Elon Musk dari Tesla bertemu dengan wakil perdana menteri Ding Xuexiang bulan lalu.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Bill Gates Xi Jinping Kunjungan Bill Gates ke China Pendiri Microsoft Corp




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :