Kamis, 25/04/2024 17:41 WIB

PM Spanyol Desak Xi Jinping Berbicara dengan Presiden Zelenskyy

Spanyol mendukung proposal yang dibuat oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

JAKARTA, Jurnas.com - Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez telah mendorong Presiden China Xi Jinping untuk berbicara dengan kepemimpinan Ukraina dan belajar langsung tentang formula perdamaian Kyiv untuk membantu mengakhiri invasi Rusia.

Sanchez mengatakan pada konferensi pers di Beijing pada Jumat bahwa dia telah memberi tahu Xi bahwa Spanyol mendukung proposal yang dibuat oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. Ini termasuk permintaan untuk mengembalikan wilayah Ukraina ke status quo sebelum pencaplokan Krimea oleh Rusia tahun 2014.

"Saya percaya ini adalah rencana yang meletakkan dasar untuk perdamaian yang tahan lama di Ukraina dan selaras dengan piagam PBB dan prinsip-prinsipnya, yang telah dilanggar oleh (Presiden Rusia Vladimir) Putin dengan invasinya," katanya.

"Saya menyampaikan keprihatinan kami atas invasi ilegal ke Ukraina," kata Sanchez, menambahkan bahwa dia mendorong Xi untuk berbicara dengan Presiden Zelenskyy untuk mengetahui secara langsung rencana perdamaian Kyiv.

Bulan lalu, Beijing mengajukan kertas posisi 12 poinnya sendiri tentang solusi politik untuk perang di Ukraina, termasuk gencatan senjata komprehensif dalam konflik tersebut.

Namun, surat kabar itu juga mengangkat alis di antara beberapa pejabat Uni Eropa (UE) di China karena tidak menyatakan bahwa agresor dalam konflik tersebut adalah Rusia.

Sanchez pada Kamis memuji dua aspek kertas posisi China, penolakannya yang lengkap dan tegas tidak hanya terhadap penggunaan tetapi bahkan ancaman untuk menggunakan senjata nuklir dan penghormatannya terhadap integritas teritorial.

Sanchez menolak untuk mengatakan apa yang dikatakan Xi tentang masalah tersebut.

Rusia mengatakan Ukraina harus menerima kehilangan Krimea dan empat wilayah lain di selatan dan timur negara itu.

Menurut pembacaan pertemuan dari penyiar negara China CCTV, Xi menyerukan diakhirinya "mentalitas Perang Dingin" dan tekanan sanksi "ekstrim", meskipun dia tidak menyebut nama Rusia.

“Kami berharap semua pihak terkait akan membangun arsitektur keamanan Eropa yang seimbang, efektif, dan berkelanjutan melalui dialog dan konsultasi,” kata Xi sebagaimana dikutip CCTV.

Kemudian pada hari Jumat, diplomat top Uni Eropa, Josep Borrell mengatakan China tidak dapat menjadi mediator dalam perang di Ukraina karena terlalu condong ke Rusia tetapi dapat memainkan peran sebagai fasilitator untuk mencapai kesepakatan damai dengan Moskow.

"China tidak membedakan antara agresor dan korban agresi," kata Borrell kepada sebuah panel di ibu kota Spanyol, Madrid. “China tidak menyerukan penarikan pasukan Rusia dari Ukraina.”

Tetapi China harus menggunakan pengaruhnya atas Rusia untuk menekan perdamaian di Ukraina, tambahnya, menggemakan komentar Sanchez.

Spanyol, anggota NATO yang kebijakan luar negeri dan keamanannya terkait erat dengan Amerika Serikat, adalah sekutu setia Ukraina. Pada bulan Juli, ia mengambil alih jabatan presiden bergilir Dewan Uni Eropa, yang mengelompokkan 27 pemerintah nasional blok tersebut.

Sanchez juga menuduh Putin berusaha untuk melemahkan proyek multilateral Uni Eropa untuk perdamaian dan kesejahteraan.

Perdana Menteri Spanyol mengatakan dia setuju dengan pandangan Presiden Komisi Uni Eropa Ursula von der Leyen bahwa hubungan antara Uni Eropa dan China "kompleks" dan dia menekankan perlunya timbal balik dan lapangan permainan yang setara di antara mereka.

Tidak adanya keterlibatan resmi antara Xi dan Zelenskyy sejak perang pecah telah mengkhawatirkan para pemimpin Uni Eropa, paling tidak karena hal itu kontras dengan tanda-tanda hubungan pribadi yang dekat antara Xi dan Putin, seperti ketika kedua pemimpin saling menyapa sebagai "sahabat" di pertemuan terakhir mereka.

Von der Leyen, yang dalam pidatonya pada Kamis mengatakan China menjadi "lebih represif di dalam negeri dan lebih tegas di luar negeri", dijadwalkan mengunjungi Beijing sendiri minggu depan bersama Presiden Prancis Emmanuel Macron.

SUMBER: KANTOR BERITA

KEYWORD :

panyol Pedro Sanchez China Perang Rusia Ukraina Xi Jinping




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :