Minggu, 28/04/2024 16:45 WIB

Pejabat Kementan Ini Berurusan dengan Penyidik KPK

Bersama Suilo, penyidik KPK juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap staff pada bagian Perencanaan Ditjen Hortikultura Kementan, Eko Mardiyanto.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah

Jakarta - Direktur Perlindungan Hortikultura Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertanian, Susilo berurusan dengan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal itu mengemuka lantaran namanya masuk sebagai salah satu pihak yang diagendakan diperiksa penyidik lembaga antikorupsi pada hari ini, Senin (13/2/2017).

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan, Susilo akan diperiksa sebagai saksi kasus dugaan korupsi pada pengadaan fasilitasi sarana budidaya mendukung pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) di Ditjen Hortikultura Kementerian Pertanian Tahun Anggaran 2013.

‎Susilo akan diperiksa sebagai saksi sekaligus untuk melengkapi berkas penyidikan tersangka Direktur Jenderal Hortikultura Kementan, Hasanuddin Ibrahim."Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi," ujar Febri Diansyah.

Bersama Suilo, penyidik KPK juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap staff pada bagian Perencanaan Ditjen Hortikultura Kementan, Eko Mardiyanto. Eko juga diagendakan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Hasanuddin Ibrahim.

Hasanuddin diduga melakukan penggelembungan harga yang merugikan uang negara terkait proyek pengadaan fasilitasi sarana budidaya untuk mendukung pengendalian OPT di Ditjen Hortikultura Kementan. Penggelembungan itu diduga melibatkan pihak lain yakni Pejabat Pembuat Komitmen Satuan Kerja Ditjen Hortikultura Kementan Eko Mardiyanto dan Sutrisno asal swasta. Eko dan Sutrisno juga telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus yang diduga merugikan keuangan negara sebesar Rp 10 miliar ini.

Nama Hasanuddin sendiri sebelumnya pernah muncul dalam perkara suap daging impor sapi yang menjerat mantan Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaaq dan koleganya Ahmad Fathanah. Dia disebut-sebut sebagai suami Bunda Putri, orang dekat presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

KEYWORD :

Pejabat Kementan KPK




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :