Rabu, 01/05/2024 18:43 WIB

Maroko Sita 5,4 Ton Ganja dan Kokain di dalam Tuna Beku

Ganja dan kokain itu ditekan ke dalam rongga dalam ikan Tuna, termasuk di sasis truk.

Blok resin ditekan ke dalam pelat yang dimasukkan ke dalam rongga yang dipasang khusus. (Foto: Facebook/DGSN Maroc)

JAKARTA, Jurnas.com - Polisi Maroko menyita 5,4 ton resin ganja yang disimpan di sebuah truk menuju Spanyol. Selain itu, aparat juga menemukan 60kg kokain yang dikemas dalam tuna beku.

"Petugas keamanan dan bea cukai menyita resin ganja di pelabuhan utara Tangier di atas truk barang internasional," kata Direktorat Jenderal Keamanan Nasional (DGSN), Sabtu malam (22/4).

Ganja dan kokain itu ditekan ke dalam rongga dalam ikan Tuna, termasuk di sasis truk. Pengemudi yang merupakan warga Maroko berusia 45 tahun itu ditangkap.

Dalam operasi terpisah, juga di Tangier, hampir 60kg kokain disita pada Kamis (20/4) di dalam kontainer berpendingin. Kokain itu dikemas dalam tuna yang ditandai berasal dari Ekuador dan ditujukan ke Spanyol.

Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Maroko adalah produsen resin ganja terbesar di dunia. Tahun lalu, polisi menyita hampir 100 ton.

Polisi dalam beberapa tahun terakhir juga telah melakukan penyitaan kokain dalam jumlah besar, dengan kartel Amerika Selatan menggunakan negara Afrika Utara sebagai pusat transit penyelundupan ke Eropa.

Sumber: AFP

KEYWORD :

Maroko Negara Muslim Resin Ganja dan Kokain Spanyol




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :