Sabtu, 04/05/2024 17:08 WIB

Rumah Kosong Ditinggal Mudik, Polda Metro Siapkan Skema Pengamanan

Polda Metro membuka pelayanan kepada masyarakat untuk menitipkan kendaraannya saat rumah kosong ditinggal mudik

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko beri keterangan (Foto: Jurnas/Ira).

Jakarta, Jurnas.com- Menjelang datangnya Hari Raya Idulfitri 2023, sebagian masyarakat khususnya di wilayah DKI Jakarta akan menjalani kegiatan mudik ke kampung halamannya untuk merayakan Lebaran. Terkait mudik, tentu rumah yang ditinggalkan dalam keadaan kosong.

Untuk memberi keamanan dan kenyamanan, Polda Metro Jaya sudah menyiapkan skema untuk melakukan tindakan pengamanan dalam mengantisipasi kejahatan di wilayah hukumnya.

“Skema penitipan rumah, gratis semuanya, termasuk skema penitipan kendaraan dan barang berharga ya,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Senin (17/4/2023).

“Polsek-polsek, Polres, sudah membuka layanan untuk menerima titipan barang berharga seperti kendaraan dan lain-lain,” sambungnya.

Kendati demikian, penyediaan penitipan kendaraan di kantor polisi memiliki keterbatasan terkait dengan kapasitasnya.

“Tentu melihat dari akomodasi yang tercukupi ya di Polsek, karena juga perlu diketahui bukan unlimited, tetap terbatas ya terbatas kapasitasnya,” ucapnya.

Lebih lanjut, terkait dengan pengamanan rumah kosong, polisi akan mengoptimalkan peran Polisi RW dan kolaborasinya dengan Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan pengelola keamanan lingkungan sekitar.

“Yang kedua, terkait dengan rumah kosong, kan ada program 1 polisi itu ada di RW, tentu RW akan bisa berperan aktif bersama-sama dengan Polisi RW, dengan bhabinkamtibmas, Babinsa, untuk melakukan pengelolaan keamanan di lingkungan masing-masing,” paparnya.

“Memberdayakan Siskamling atau memberdayakan satuan-satuan pengamanan yang memang sudah ada di perumahan tersebut,” tandasnya.

KEYWORD :

Tindakan Pengamanan Rumah Kosong Mudik Polda Metro




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :