Jum'at, 10/05/2024 07:00 WIB

Tol Cisumdawu Ditarget Urai Kemacaten Mudik di Jabar

Tol Cisumdawu Ditarget Urai Kemacaten Mudik di Jabar

Proyek pembangunan Tol Cisumdawu (Dok. Humas BPJT)

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintah menargetkan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) yang akan dioperasikan secara fungsional mulai 15 April 2023, untuk mengurai kemacetan arus mudik di Jawa Barat (Jabar).

Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy saat meninjau kesiapan Tol Cisumdawu bersama Menhub Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Santyabudi pada Minggu (9/4).

Saat ini, Tol Cisumdawu Seksi 1,2, dan 3 telah beroperasi normal dengan lebar empat lajur. Sedangkan Seksi 4, 5, dan 6 baru akan dibuka secara fungsional. Tol Cisumdawu yang akan difungsikan adalah Seksi 4-6 dan ruas Cimalaka–Dawuan sepanjang 28,2 kilometer.

"Ya ini kan salah satu jalur yang kita harapkan sudah bisa difungsikan fungsional pada saat lebaran nanti. Pak Menteri PUPR menyampaikan tanggal 15 April bisa selesai jalur ini, sehingga secara fungsional bisa digunakan untuk memperlancar mudik," jelas Menko PMK.

Lebih lanjut, berdasarkan penjelasan dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Tol Cisumdawu akan mempersingkat waktu tempuh dari Cileunyi sampai Dawuan.

Sehingga, masyarakat dari Bandung yang akan mudik ke arah Semarang dan Jawa Tengah tidak perlu ke Cikampek, tapi bisa langsung melalui Dawuan. Sehingga membantu mengurai kemacetan di ruas Tol Cipali.

Menteri Perhubungan menerangkan, untuk operasional dari Tol Cisumdawu hanya akan dibuka dari pagi sampai pukul 3 siang. Hal itu lantaran wilayah tol yang berada di dataran tinggi itu rawan berkabut pada malam hari dan dikhawatirkan membahayakan pemudik.

Kemudian, nantinya akan disiasati oleh Korlantas Polri untuk melakukan sistem buka tutup atau contra flow di kawasan Tol Cipali.

"Kalau dengar penjelasan dari Pak Menteri PUPR, saya optimis. Nanti Insya Allah kalau ini sudah secara fungsional bisa digunakan maka perjalanan mudik bisa lebih lancar di wilayah Jawa Barat khususnya untuk wilayah Sumedang dan sekitarnya," ucap Menko PMK.

KEYWORD :

Tol Cisumdawu Menko PMK Muhadjir Effendy Mudik Lebaran




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :