Sabtu, 18/05/2024 12:16 WIB

Polandia akan Bentuk Koalisi untuk Pasok Pesawat Tempur ke Ukraina

Polandia telah berperan penting dalam mendapatkan sekutu Barat untuk mengirim tank tempur ke Ukraina.

Pesawat MiG-29 dan F-35 diparkir di landasan selama acara media NATO di pangkalan udara di Malbork, Polandia, pada 21 Maret 2023. (Foto: Reuters/Lukasz Glowala)

JAKARTA, Jurnas.com - Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy mengatakan Polandia akan membantu membentuk koalisi kekuatan Barat untuk memasok pesawat tempur ke Kyiv, yang akan digunakan para pejuangnya mempertahankan Bakhmut dari serangan Rusia tanpa henti.

Selama kunjungan ke Warsawa pada Rabu (5/4), Zelenskyy mengatakan Polandia telah berperan penting dalam mendapatkan sekutu Barat untuk mengirim tank tempur ke Ukraina dan dia yakin itu dapat memainkan peran yang sama dalam koalisi pesawat.

Pemerintah Polandia mengatakan akan mengirim 10 jet tempur MiG lagi di atas empat yang disediakan sebelumnya, tetapi sejauh ini belum ada kesepakatan dari Amerika Serikat (AS) atau pendukung militer utama Ukraina lainnya untuk mengirim pesawat tempur F-16 yang diminta Kyiv.

Di garis depan, Zelenskyy mengatakan pasukan Ukraina menghadapi situasi sulit dalam pertempuran memperebutkan Bakhmut dan militer akan mengambil keputusan "sesuai" untuk melindungi mereka jika berisiko dikepung oleh pasukan Rusia.

"Kami berada di Bakhmut dan musuh tidak menguasainya," kata Zelenskyy, membantah klaim pasukan Rusia bahwa mereka telah merebut kota itu, dalam reruntuhan setelah berbulan-bulan perang dan pengeboman.

"Bagi saya, yang paling penting adalah tidak kehilangan tentara kita dan tentu saja jika ada momen peristiwa yang lebih panas dan bahaya kita bisa kehilangan personel kita karena pengepungan - tentu saja keputusan yang tepat akan diambil oleh para jenderal di sana, " kata Zelenskyy, tampaknya merujuk pada penarikan.

Militer Ukraina menyatakan, pada Kamis pagi pasukan Rusia menyerbu Bakhmut untuk mengambil kendali penuh, dan menambahkan bahwa Bakhmut, bersama dengan kota Avdiivka dan Maryinka di barat daya, adalah pusat permusuhan.

Pertempuran untuk Bakhmut, salah satu pusat kota terakhir yang belum jatuh ke tangan Rusia di provinsi Donetsk timur, telah terbukti menjadi salah satu invasi Rusia yang paling berdarah, sekarang di bulan ke-14.

Komandan militer Ukraina telah menekankan pentingnya menahan Bakhmut dan kota-kota lain serta menimbulkan kerugian pada pasukan Rusia sebelum serangan balasan yang diantisipasi terhadap mereka dalam beberapa minggu atau bulan mendatang.

"Bakhmut sedang melakukan tugas utama untuk menimbulkan kerugian sebanyak mungkin di Rusia dan, yang paling penting, untuk mempersiapkan serangan balik yang akan dilakukan pada akhir April hingga Mei," analis militer Pavel Narozhniy mengatakan kepada NV Radio di Ukraina.

Institute for the Study of War yang berbasis di AS mengatakan tentara bayaran dari milisi swasta Wagner Rusia kemungkinan akan terus berusaha untuk mengkonsolidasikan kontrol pusat kota dan mendorong ke arah barat melalui lingkungan perkotaan yang padat.

Kepala eksekutif Uni Eropa Ursula von der Leyen dan Presiden Prancis Emmanuel Macron diperkirakan akan membahas Ukraina selama pembicaraan dengan Presiden China Xi Jinping di Beijing pada Kamis.

Sebelum perjalanan itu, Macron menyetujui panggilan telepon dengan Presiden AS Joe Biden untuk melibatkan Beijing guna mempercepat akhir perang Ukraina, yang terbesar di Eropa sejak Perang Dunia Kedua.

Macron dan von der Leyen mengatakan mereka ingin membujuk China untuk menggunakan pengaruhnya atas Rusia untuk membawa perdamaian, atau setidaknya mencegah Beijing untuk mendukung langsung Moskow dalam konflik tersebut.

AS dan NATO mengatakan China sedang mempertimbangkan untuk mengirim senjata ke Rusia, yang dibantah oleh Beijing.

China telah menyerukan gencatan senjata komprehensif dan menggambarkan posisinya dalam konflik sebagai "tidak memihak", meskipun presiden China dan Rusia mengumumkan kemitraan tanpa batas sesaat sebelum invasi.

Presiden Polandia Andrzej Duda mengatakan Warsawa bekerja untuk mengamankan jaminan keamanan tambahan untuk Ukraina pada pertemuan puncak NATO yang akan diadakan di Lituania pada bulan Juli.

Selain MiG-29, Kyiv juga mendesak NATO untuk membeli jet tempur F-16 tetapi penasihat kebijakan luar negeri Duda, Marcin Przydacz, mengatakan Polandia tidak akan segera memutuskan apakah akan mengirimnya.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan kepada TV pemerintah bahwa Moskow perlu menjaga hubungan dengan Washington meskipun pasokan senjata Amerika ke Ukraina berarti "kita benar-benar berada dalam fase perang yang panas".

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Perang Rusia Ukraina Volodymyr Zelenskyy Polandia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :