Minggu, 19/05/2024 03:17 WIB

Ma Ying Jeou, Eks Presiden Taiwan Bakal Kunjungi China Bulan Ini

Perjalanan itu akan dilakukan saat ketegangan meningkat karena China terus meningkatkan tekanan militer dan politiknya untuk mencoba membuat Taiwan yang terpilih secara demokratis menerima kedaulatan China.

Bendera China dan Taiwan yang dicetak terlihat dalam ilustrasi yang diambil pada 28 April 2022. (Reuters/Dado Ruvic/Illustration)

JAKARTA, Jurnas.com - Mantan Presiden Taiwan Ma Ying-jeou akan mengunjungi China bulan ini. Ini merupakan kunjungan pertama mantan pemimpin atau presiden Taiwan saat ini sejak pemerintah Republik China yang kalah melarikan diri ke pulau itu pada tahun 1949.

Perjalanan itu akan dilakukan saat ketegangan meningkat karena China terus meningkatkan tekanan militer dan politiknya untuk mencoba membuat Taiwan yang terpilih secara demokratis menerima kedaulatan China.

Ma, yang tetap menjadi anggota senior partai oposisi Taiwan Kuomintang (KMT), mengadakan pertemuan penting dengan Presiden China Xi Jinping di Singapura pada akhir 2015, tak lama sebelum Presiden Taiwan saat ini Tsai Ing-wen terpilih.

Kantor Ma mengatakan bahwa dia akan mengunjungi China dari 27 Maret hingga 7 April dan pergi ke kota Nanjing, Wuhan, Changsha, Chongqing, dan Shanghai.

Dia akan bertemu dengan para siswa dan mengunjungi situs-situs yang terkait dengan Perang Dunia II dan konflik China dengan Jepang serta yang terkait dengan revolusi 1911, yang menggulingkan kaisar China terakhir dan mengantarkan Republik China, kata kantornya.

Republik Tiongkok tetap menjadi nama resmi Taiwan.

Tidak disebutkan apakah dia akan bertemu dengan pejabat atau pemimpin China, termasuk apakah dia akan bertemu dengan Xi.

KMT, yang secara tradisional menyukai hubungan dekat dengan China tetapi dengan tegas menyangkal pro-Beijing, telah meningkatkan keterlibatannya dengan Negeri Tirai Bambu sejak China dan Taiwan melonggarkan pembatasan perjalanan terkait COVID.

Bulan lalu wakil ketua KMT Andrew Hsia mengunjungi Beijing dan bertemu dengan pemimpin senior Partai Komunis Wang Huning.

Partai Progresif Demokratik (DPP) yang berkuasa di Taiwan memanfaatkan perjalanan Hsia ke China untuk menyerang KMT karena terlalu dekat dengan Beijing dan ingin menjual Taiwan, dan mengkritik Hsia karena akan "membayar pengadilan kepada komunis".

KMT mengatakan penting untuk menjaga jalur komunikasi tetap terbuka dengan China, terutama mengingat ketegangan saat ini.

China telah menolak seruan berulang kali dari Tsai untuk berunding, percaya bahwa dia adalah seorang separatis.

Dia mengatakan hanya rakyat Taiwan yang dapat memutuskan masa depan mereka dan menolak klaim kedaulatan China.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Konfli China Taiwan Ma Ying Jeou Xi Jinping




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :