Rabu, 01/05/2024 12:08 WIB

Kemdikbudristek Perbanyak Lagu Anak Lewat Ajang KILA

Kemdikbudristek Perbanyak Lagu Anak Lewat Ajang KILA

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim (Foto: Youtube)

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) kembali menggelar ajang Kita Cinta Lagu Anak Indonesia (KILA), untuk keempat kalinya pasca dimulai pada 2020 silam.

Ajang yang dimotori oleh Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Ditjen Kebudayaan Kemdikbudristek ini diharapkan dapat menambah koleksi lagu anak Indonesia, serta meningkatkan jumlah pencipta lagu anak dengan memunculkan nama-nama baru setiap tahunnya.

"Dalam semangat Merdeka Belajar, musik bisa menjadi salah satu sarana belajar mengajar yang menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik," kata Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim pada Kamis (9/3).

"Pada momentum Hari Musik Nasional ini, saya mengajak para pendidik dan orang tua agar tidak ragu mengenalkan karya positif yang dihasilkan oleh insan musik tanah air sebagai inspirasi pembelajaran, demi lahirnya peserta didik dengan profil Pelajar Pancasila," imbuh dia.

Dirjen Kebudayaan, Hilmar Farid, mengatakan bahwa setiap penyelenggaraan KILA selalu menghasilkan sejumlah penyanyi anak dengan rentang usia 5-7 tahun dan 8-13 tahun yang berkualitas, yang semakin besar jumlah komunitasnya. Menurut dia, komunitas ini perlu dijaga kualitas dan diasah kemampuannya.

"Keterlibatan masyarakat dalam memastikan terjadinya ekosistem lagu anak Indonesia akan menentukan perkembangan anak. Dan bila kepedulian masyarakat tidak hanya sampai batas kepedulian, maka akan terjadi gerakan kepedulian akan kualitas pemimpin Indonesia masa depan," tutur Hilmar.

Penyelengaraan KILA 2023 mempunyai beberapa kekhususan, antara lain konsentrasi pada sosialisasi lagu-lagu hasil Lomba Cipta Lagu Anak yang lalu. 15 lagu akan diaransemen ulang dan dirangkai dalam sebuah pertunjukan musik anak-anak, yang akan dipentaskan sebagai salah satu bentuk sosialisasi penyelengaraan KILA.

Dengan demikian, maka setiap lagu pemenang lomba cipta lagu program KILA sebelumnya, mempunyai kesempatan untuk dinyanyikan dan disosialisasikan dengan lebih baik. Selain itu beberapa lagu juga akan disiapkan dalam bentuk Video Musik yang nantinya bisa diakses dengan mudah melalui media sosial.

KEYWORD :

KILA Hari Musik Nasional Kemdikbudristek Lagu Anak




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :