Minggu, 19/05/2024 00:54 WIB

Kebakaran Depo Plumpang Bukti Pertamina Tak Maksimal Amankan Objek Vital Nasional

Ini bukti bahwa obyek vital nasional tidak teramankan dengan baik oleh Pertamina, oleh berbagai pihak, baik dari sisi infrastruktur maupun sarana dan prasarana.

Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi PKS, Diah Nurwitasari (kanan). (Foto: Dok. Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Kebakaran Depo BBM Plumpang merupakan bukti bahwa PT Pertamina dan pihak-pihak terkait tidak maksimal dalam mengamankan obyek vital. Seharusnya Pertamina dapat lebih fokus dalam mengamankan infrastruktur milik negara.

Hal itu diutarakan Anggota Komisi VII DPR RI Diah Nurwitasari dalam diskusi `!Tragedi Depo Pertamina Plumpang, Apa Solusinya?` yang diselenggarakan Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP) bekerja sama dengan Biro Pemberitaan DPR RI, Kamis (9/3).

"Ini bukti bahwa obyek vital nasional tidak teramankan dengan baik oleh Pertamina, oleh berbagai pihak, baik dari sisi infrastruktur maupun sarana dan prasarana," terangnya.

Politikus PKS ini mengungkapkan, pihaknya telah melakukan kunjungan ke Depo Plumpang paska kebakaran dan juga telah menggelar Rapat Dengar Pendapat dengan jajaran Direksi Pertamina meski saat ini tengah masa reses. Komisi VII meminta penjelasan secara utuh ke Pertamina terkait kejadian kebakaran berikut mendorong dilakukannya investigasi secara serius.

"Investigasi yang serius, investigasi yang mendalam, agar ke depan tidak terulang kembali," tegas Diah.

Disebutkan juga oleh Legislator Dapil Jawa Barat II ini bahwa kondisi Depo Plumpang, baik kilangnya itu sendiri maupun pipa jaringannya usianya sudah tua. Hal yang semestinya mendapatkan perhatian dari Pertamina. Apalagi, selama ini sudah banyak mendapatkan masukan. Namun kenyataannya justru kurang mendapatkan perhatian.

"Pertamina ini pasti ada keuntungan dalam berusaha, keuntungan yang didapatkan jangan diarahkan semata untuk bagi-bagi dividen, tapi bagaimana ada pembaruan teknologi," tegas Diah.

Selain Diah, diskusi yang digelar di Media Center DPR Gedung Nusantara III Kompleks Senayan, Jakarta, menghadirkan Anggota Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade dari Fraksi Gerindra dan Pengamat Tata Kota Universitas Trisakti Yayat Supriatna.

 

 

KEYWORD :

Warta DPR Komisi VII Diah Nurwitasari PKS kebakaran Pertamina Depo Plumpang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :