Selasa, 30/04/2024 22:38 WIB

Konsorsium Pengusaha Indonesia Revitalisasi Tujuh SMK di Jateng

Konsorsium Pengusaha Indonesia Revitalisasi Tujuh SMK di Jateng

Konsorsium Pengusaha Indonesia meresmikan revitalisasi tujuh SMK di Jawa Tengah (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Sebanyak tujuh sekolah menengah kejuruan (SMK) di Jawa Tengah, secara resmi akan direvitalisasi oleh Konsorsium Pengusaha RI Peduli Vokasi, bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikburistek).

Tujuh SMK yang direvitalisasi ialah sekolah penerima program SMK PK dengan Skema Pemadanan Dukungan tahun 2022, di mana pendanaan berasal dari DUDI dipadankan dengan pendanaan dari pemerintah.

Ketujuh SMK ini yakni SMKN 4 Surakarta, SMKN 8 Surakarta, SMK Mandala Bhakti Nusantara, SMK Tunas Harapan Pati, SMKN 2 Kendal, SMKN 2 Sukoharjo, dan SMKN 3 Semarang.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemdikbudristek, Kiki Yuliati menyampaikan bahwa kolaborasi yang kuat antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, serta dunia usaha dan dunia industri (DUDI) akan menjadi kunci pendidikan vokasi yang berkualitas.

"Pendidikan vokasi yang tidak hanya mampu menjawab kebutuhan DUDI, tetapi juga mampu menumbuhkan dan menggerakkan potensi-potensi ekonomi yang ada di daerah-daerah dan juga di Indonesia," ujar Kiki di SMK Negeri 8 Surakarta, pada Rabu (1/3).

Kiki menuturkan upaya merevitalisasi SMK tidak akan berhenti pada 2023, guna mencapai dua tolok ukur yang digunakan dalam menghasilkan SDM vokasi yang berkualitas dan unggul, yakni kebekerjaan lulusan. Tolok ukur berikutnya adalah kemitraan dengan DUDI dan pemerintah daerah.

"Pendidikan vokasi diciptakan atau diselenggarakan untuk mendukung pencapaian pendidikan sekaligus mendukung rencana-rencana perkembangan dan pertumbuhan di wilayah," kata Kiki.

Kiki juga mengapresiasi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kota Surakarta atas dukungan selama ini terhadap pelaksanaan pendidikan vokasi. Pada 2022, Jawa Tengah menjadi provinsi dengan jumlah keterlibatan industri yang tinggi pada program SMK PK Skema Pemadanan Dukungan.

Sementara itu, Pemerintah Kota Surakarta telah memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan pendidikan kursus dan pelatihan di berbagai lembaga kursus dan pelatihan (LKP).

KEYWORD :

Konsorsium Pengusaha Indonesia Revitalisasi SMK Vokasi Kiki Yuliati




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :