Jum'at, 10/05/2024 00:59 WIB

Miliarder Ackman Donasikan Rp 49,6 Miliar untuk Ambulans di Ukraina

Donasi Ackman akan mencakup pembelian 15 ambulans Toyota 4x4 Land Cruiser yang dilengkapi secara khusus dan biaya pengoperasiannya di garis depan.

Pemandangan menunjukkan lubang peluru di ambulans, yang dikatakan telah hancur selama perang di Ukraina, di depan Parlemen Eropa, di Brussel, Belgia, pada 2 Februari 2023. (Foto: REUTERS/Yves Herman)

JAKARTA, Jurnas.com - Miliarder pengelola dana lindung nilai, Bill Ackman menjanjikan US$ 3,25 juta atau Rp 49,6 miliar untuk membantu membeli lebih dari selusin ambulans untuk Ukraina.

Donasi Ackman akan mencakup pembelian 15 ambulans Toyota 4x4 Land Cruiser yang dilengkapi secara khusus dan biaya pengoperasiannya di garis depan, tulis investor Whitney Tilson dewan penasihat amal Ackman di Pershing Square Foundation.

"Saya sarapan dengan teman kuliah saya Bill Ackman pagi ini, mengantarnya melalui dek slide terlampir yang saya kumpulkan tentang misi ambulans untuk Ukraina, dan saat itu juga dia setuju untuk menyumbangkan US$3,25 juta," tulis Tilson dalam email bertanggal 25 Februari.

Diketahui hahwa hedge fund Ackman, Pershing Square Capital Management, mengawasi aset sekitar USD16 miliar.

Seorang juru bicara Ackman tidak dapat dihubungi untuk memberikan komentar. Tilson tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Tilson telah memimpin upaya untuk membeli ambulans untuk Ukraina yang akan dioperasikan oleh kelompok bantuan kemanusiaan MOAS (Migrant Offshore Aid Station), yang berbasis di Malta.

Land Cruiser masing-masing berharga sekitar US$116.000 dan dilengkapi dengan atap panjang yang memungkinkan petugas medis berdiri saat merawat pasien.

Ackman, yang kakek buyutnya beremigrasi ke Amerika Serikat (AS) dari Ukraina, diperkirakan memiliki kekayaan bersih sebesar US$3,5 miliar, menurut Forbes.

Ackman dan istrinya, Neri Oxman, telah berjanji untuk memberikan sebagian besar kekayaan mereka dan telah mendukung penyebab mulai dari penelitian medis hingga bantuan ke Haiti yang dilanda gempa hingga tim kru Universitas Harvard.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Perang Rusia Ukraina Bill Ackman




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :