Minggu, 19/05/2024 05:37 WIB

Mentan Syahrul Panen Padi di Kota Soto, Produktivitas 7,3 Ton Per Hektare

Secara keseluruhan produksi padi dalam negeri di tahun 2022 merupakan angka tertinggi di sepanjang sejarah Indonesia merdeka.

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo panen padi di Desa Sumberaji, Kecamatan Sukodadi, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur pada Rabu (15/2).

JAKARTA, Jurnas.com - Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo panen padi di Desa Sumberaji, Kecamatan Sukodadi, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur pada Rabu (15/2). Hasil rata-rata panen di Kota Soto ini mencapai 7,3 ton per hektare.

"Kenapa hari ini kami harus ada Lamongan? Karena Kabupaten ini merupakan daerah yang sangat strategis di bidang pertanian. Kalau ada orang yang meragukan potensi pertanian di Indonesia, mereka harus datang ke sini dan lihat betapa sumber daya pertanian yang ada di kabupaten ini sangat baik," ucap Mentan Syahrul.

Mentan Syahrul menjelaskan, secara keseluruhan produksi padi dalam negeri di tahun 2022 merupakan angka tertinggi di sepanjang sejarah Indonesia merdeka.

"Berdasarkan data yang ada, produksi kita di tahun 2022 mencapai lebih dari 32 juta ton dan ini tertinggi, bahkan sekarang ini kita sudah memasuki masa panen," tutur Mentan Syahrul.

Sementara itu, Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi menjelaskan, di tahun 2022, Kabupaten Lamongan mampu menghasilkan lebih dari satu juta ton beras. Dia juga berharap di tahun-tahun mendatang, Kabupaten yang dimpimpinnya mampu mencetak angka produksi yang lebih tinggi.

"Ini semua adalah semangat para petani semua, yang terus berinovasi dan berinisiatif, sehingga produktivitas kita secara keseluruhan terus meningkat," kata dia.

Ditempat yang sama, Direktur Jenderal Tanaman Pangan, Suwandi menyatakan bahwa tahun ini sejumlah wilayah di Indonesia akan memasuki puncak panen raya padi di bulan Maret hingga April.

"Bulan Februari ini memasuki panen raya padi dan diprediksi puncaknya di Maret hingga April 2023, perlu langkah antisipasi dini menyiapkan brigade panen, alat pengering dryer dan mendekatkan kostraling penggilingan ke sentra panen, menjaga agar petani memperoleh harga wajar menjelang dan saat Ramadhan dan Idulfitri nanti," kata dia.

Sebagai informasi, Potensi Luas Panen Kabupaten Lamongan pada Februari 2023 mencapai 31.080 hektare. Adapun total luas panen di Desa Sumberaji Poktan sumber rejeki mencapai 147 hektare dengan varietas inpari 32 dan provitasnya mencapai 7,3  ton per hektare.

KEYWORD :

Syahrul Yasin Limpo Kabupaten Lamongan Jawa Timur Panen Raya Padi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :