Kamis, 02/05/2024 04:13 WIB

Mobil

Cara Honda Transfer Teknologi kepada Siswa SMK

Banyak cara dilakukan produsen otomotif dalam memberikan edukasi kepada siswa SMK di Indonesia. Seperti yang dilakukan PT Honda Prospect Motor (HPM) kepada siswa SMKN 3 Kuningan, Jawa Barat.

Program Pendidikan Dasar Teknisi Honda SMKN 3 Kuningan / HPM

Kuningan – Banyak cara dilakukan produsen otomotif dalam memberikan edukasi kepada siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) di Indonesia. Seperti yang dilakukan PT Honda Prospect Motor (HPM) kepada siswa SMKN 3 Kuningan, Jawa Barat (27/1).

“Saat ini kami terus berkolaborasi dengan masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia untuk meningkatkan kualitas SDM serta melakukan transfer ilmu guna memajukan dunia pendidikan khususnya di industri otomotif sesuai bidang usaha kami,” kata Tomoki Uchida, President Director PT HPM di Kuningan.

Program yang diberi nama Pendidikan Dasar Teknisi Honda kali ini adalah yang ke-44 kalinya bagi PT HPM dalam melakukan kerja sama dengan Sekolah Kejuruan bidang Teknik yang ada di Tanah Air sejak tahun 2000.

Program pendidikan ini bertujuan mempersiapkan siswa agar dapat menjadi calon teknisi yang nantinya akan diserap oleh industri otomotif, khususnya sebagai teknisi di diler-diler jaringan Honda.

Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT HPM mengatakan, seiring dengan pertumbukan industri otomotif, kebutuhan akan tenaga kerja terlatih terus meningkat dari tahun ke tahun. Dengan kegiatan ini, pihaknya berharap Indonesia dapat memiliki tenaga kerja siap pakai untuk mendukung industri sehingga bisa lebih bersaing secara regional maupun global.

Adapun sebagai contoh bentuk transfer teknologi Honda kepada siswa SMKN 3 Kuningan dilakukan melalui kelas khusus dengan tahapan sebagai berikut :

- Memberikan training dan OJT kepada guru-guru SMK.

- Menyeleksi siswa-siswa berprestasi dan berkemauan tinggi yang ingin langsung bekerja di dunia Industri.

- Memberikan training dan OJT kepada siswa-siswa terpilih ke jaringan diler Honda selama jangka waktu minimal 4 bulan.

- Memberikan bantuan alat peraga training yang digunakan dalam proses belajar dan praktek di sekolah, berupa satu unit mobil Honda Brio, Shop Manual, Common Tools, dan Special Tools

- Informasi teknologi sebagai bahan training

- Memberikan kesempatan kerja kepada para siswa yang termasuk dalam program di jaringan diler Honda.

Saat ini Honda memiliki pabrik di kawasan Industri Mitra Karawang, Jawa Barat, dengan kapasitas produksi mencapai 200.000 unit per tahun. Pabrik PT HPM ini telah memproduksi produk-produk, seperti Honda BR-V, Honda HR-V, Honda Mobilio, Honda Brio, Honda Jazz dan Honda CR-V. [yog]

 

 

KEYWORD :

Honda HPM Daftar Harga Mobil Honda




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :