Minggu, 19/05/2024 06:13 WIB

Kemenhub Teken Kerjasama Peningkatan Tol Laut untuk Tahun Depan

Kemenhub teken kerjasama peningkatan Tol Laut untuk tahun depan

Gedung Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. (Foto istimewa/Jurnas)

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Perhubungan, dalam hal ini, Direktorat Perhubungan Laut, menandatangani kerjasama peningkatan pemanfaatan tol laut untuk pelayanan publik untuk mendukung konektivitas, mobilitas barang dan orang pada tahun 2023.  

"Secara umum, layanan angkutan laut menentukan konektivitas wilayah khususnya di negara kepulauan seperti Indonesia, sedangkan setiap jenis angkutan laut memiliki penekanan-penekanan harapan atau tujuan dalam pelaksanaannya," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha dalam keterangannya, diterima Jum`at (30/12).

Arif mengungkapkan pada tahun 2023, Kementerian Perhubungan berencana akan melaksanakan kegiatan penyelenggaraan kewajiban pelayanan publik kapal perintis sebanyak 116 trayek, penyelenggaraan kapal barang Tol Laut sebanyak 39 trayek, penyelenggaraan kapal khusus angkutan ternak sebanyak 6 trayek dan penyelenggaraan kapal rede sebanyak 16 trayek.

Peningkatan layanan ini diharapkan dapat memperlancar mobilitas masyarakat antar pulau, distribusi barang pokok dan penting ke daerah tertinggal, Terdepan dan Terluar Perbatasan (3TP) dan distribusi ternak ke daerah sementara konsumsi. 

"Pada kesempatan ini saya juga ingin mengajak semua pihak untuk berkolaborasi untuk mengoptimalkan layanan Penyelenggaraan kewajiban pelayanan publik angkutan laut ini," tutur Arif. 

Selanjutnya, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Hendri Ginting mengungkapkan penyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik Angkutan Laut dilakukan melalui dua mekanisme pengadaan. 

Pertama, melalui mekanisme penugasan kepada perusahaan angkutan laut Nasional milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Kedua, mekanisme pelelangan umum (Pengadaan Barang dan Jasa) dalam rangka memberikan kesempatan persaingan usaha kepada perusahaan angkutan laut Nasional swasta.

"Adapun proses pemilihan penyedia jasa untuk kegiatan ini sudah dilakukan mulai bulan November 2022 dan saat ini telah mendapatkan pemenang dari perusahaan angkutan laut nasional yang memenuhi syarat," jelas Hendri.

 

KEYWORD :

Kemenhub Arif Toha kerjasama Tol Laut




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :