Minggu, 05/05/2024 18:40 WIB

Kementan Gandeng TNI Permudah Masyarakat Akses Pangan Murah

Kementan Gandeng TNI Permudah Masyarakat Akses Pangan Murah.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH), Nasrullah, Kepala Bagian Umum Rindam Jaya, Letkol INF Audy Komontoy dan warga berpoto bersama pada acara Serbu Pangan Murah yang digelar di lapangan Rindam Jaya, Jakarta, Rabu (28/12).

JAKARTA, Jurnas.com - Menjelang pergantian tahun, Kementerian Pertanian (Kementan) bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) menyediakan bahan pangan berkualitas dengan harga murah melalui kegiatan Serbu Pangan Murah.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH), Nasrullah berharap agar masyarakat tidak khawatir menghadapai pergantian tahun karena ketersediaan 12 bahan pokok, khususnya komoditas peternakan dalam kondisi aman.

"Alhamdulillah 12 bahan pokok terkhusus lagi komoditas peternakan itu cukup sampai Desember dari sisi produksi dan itu bisa kami yakinkan, sehingga rakyat tidak perlu khawatir karena komoditas peternakan surplus untuk 2022," ucap Nasrullah saat membuka Kegiatan Serbu Pangan Murah yang digelar di lapangan Rindam Jaya, Jakarta, Rabu (28/12).

Serbu Pangan Murah merupakan salah satu bentuk kerja sama antara Kementan melalui Direktorat Jenderal PKH dengan TNI dalam rangka menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan di masyarakat.

Selain komoditas peternakan, kegiatan Serbu Pangan Murah juga menyediakan komoditas pangan lainnya, seperti beras, cabai, bawang merah, bawang putih, gula pasir, dan minyak goreng.

"Hari ini kami bekerja sama dengan produsen untuk langsung mendekatkan ke konsumen. Jabodetabek (Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi) adalah sentra konsumen, yang pada saat-saat tertentu mengalami kenaikan harga," jelas Nasrullah.

Dia juga mengapresiasi Komandan Rindam Jayakarta yang telah memfasilitasi  kegiatan Serbu Pangan Murah. "Kami mengapresiasi Komandan Rindam Jayakarta beserta seluruh jajaran untuk berkolaborasi untuk pelaksanaan kegiatan ini," ucap Nasrullah

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bagian Umum Rindam Jaya, Letkol INF Audy Komontoy mengatakan, kerja sama TNI dan Kementan sudah berlangsung sejak lama, mulai dari sektor hulu hingga dari sektor hilir

"Saat ini pada kegiatan Serbu Pangan Murah, kami memfasilitasi tempat untuk masyarakat dalam mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan," kata Audy.

Kegiatan Serbu Pangan Murah ini disambut dengan antusias masyarkat di sekitar Rindam Jaya. Hal itu lantaran kualitas produk yang lebih bagus dan harga yang jauh lebih murah daripada yang ada di pasar.

"Telur kalau beli di warung harganya Rp 30 ribu per kg. Kalau di pasar Rp 29 ribu per kg. Di sini tadi harganya cuman 27 ribu per kg. Jadi, di sini lebih murah," kata Ibu Asni.

Dia pun berharap kegiatan Serbu Pangan Murah lebih sering diadakan karena sangat membantu masyarakat. "Terima kasih Bapak Menteri karena adanya kegiatan ini kami dapat berbelanja kebutuhan pangan dengan lebih terjangkau dan lebih hemat," ungkap dia.

Sebagai informasi, kegiatan ini akan terus dilaksanakan hingga 1 Desember 2022. Kegiatan ini bertujuan mencukupi kebutuhan masyarakat akan  produk asal hewan yang Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH).

KEYWORD :

Serbu Pangan Murah Ditjen PKH Nasrullah Audy Komontoy




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :