Minggu, 05/05/2024 12:55 WIB

Pertanian Ramah Lingkungan Dongkrak Produktivitas

Pertanian Ramah Lingkungan Dongkrak Produktivitas.

Mentan Sapa Petani dan Penyuluh (MSPP) volume 48 bertemakan pertanian ramah lingkungan optimalkan bahan organik insitu untuk pertanian diadakan pada Jumat (23/12) di AOR BPPSDMP.

JAKARTA, Jurnas.com - Pertanian ramah lingkungan merupakan menerapkan teknologi yang sesuai dengan lingkungan, produksi tinggi serta menciptakan kelestarian lingkungan dan sumberdaya pertanian tetap terjaga.

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa pertanian modern harus dilakukan secara modern seperti halnya penyuluhan dapat dilakukan secara virtual. Pertanian merupakan hal yang paling siap ditengah krisis yang ada saat ini.

"Saat ini Indonesia pertumbuhan ekonomi naik dan tingkat inflasi di Indonesia pada november 2022 sebanyak 5,42 persen," kata Mentan Syahrul pada agenda Mentan Sapa Petani dan Penyuluh (MSPP) volume 48 bertemakan pertanian ramah lingkungan optimalkan bahan organik insitu untuk pertanian diadakan pada Jumat (23/12) di AOR BPPSDMP.

Pada kesempatan ini, matan gubernur dua periode Sulawesi Selatan itu juga berdialog dengan petani dan penyuluh pertanian dan  memberikan motivasi kepada mereka.

Kepala Badan penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi dalam arahannya mengatakan bahwa pembangunan pertanian tidak boleh berhenti dan bersoal, pertanian harus maju.

"Ciri pertanian maju yaitu produktivitas pertanian yang meningkat melalui kualitas produk pertanian yang meningkatkan daya saing di negeri kita sendiri dan selain itu kita juga harus menjaga lingkungan agar terap kondusif,terjaga dan tidak boleh ternganngu," jelas Dedi.

Narasumber MSPP, Kepala Balai Lingkungan Pertanian (Balingtan) Wahida Annisa mengatakan pertanian ramah lingkungan belum tentu organik dan masih diperbolehkan menggunakan pupuk dan pestisida kimia namun minimalis.

"Pertanian ramah lingkungan harus menguntungkan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang," jelas Wahida.

Lebih lanjut Wahida menjelaskan bahwa pertanian organik tidak menggunakan pupuk dan pestisida kimia hanya pupuk organik dan pestisida nabati. Bahan, organik kompos merupakan hasil senyawa perombakan yang komplek menjadi senyawa yang sederhana dengan bantuan mikronorganisme.

"Manfaat bahan organik diantaranya meningkatkan produktivitas pertanian, konservasi, mengurangi pencemaran lingkungan dan meningkatkan kualitas laham”. pungkas Wahida.

KEYWORD :

Pertanian Ramah Lingkungan BPPSDMP Kementan Dedi Nursyamsi Syahrul Yasin Limpo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :