Senin, 29/04/2024 14:33 WIB

10 Tim dari Kampus di DKI Jakarta Menang Hibah Kompetisi Kewirausahaan 2022

10 Tim dari Kampus di DKI Jakarta Menang Hibah Kompetisi Kewirausahaan 2022.

Pemenang Hibah Kompetensi Kewirausahaan (HoKi) Season 2 2022 diumumkan pada Senin (19/12) malam.

JAKARTA, Jurnas.com - Pemenang Hibah Kompetisi Kewirausahaan (HoKi) Season 2 2022 diumumkan pada Senin (19/12) malam. Sepuluh tim yang keluar sebagai pemenang mendapatkan masing-masing dana hibah sebesar Rp 30 juta dan juga pendampingan usaha.

Kesepuluh tim berasal dari beberapa kampus di DKI Jakarta, yakni Universitas Tarumanagara, Kalbis institute, Universitas Tarumanagara, BRI Institute, Kalbis Institute, BRI Institute, Universitas Pancasila, Universitas Trilogi, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, dan Universita Pertamina.

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan dalam sambutannya menjelaskan bahwa acara HoKI 2022 diikuti oleh 156 tim dari 35 Perguruan Tinggi di DKI Jakarta.

"Jumlah ini meningkat hingga 10 kali lipat dari penyelenggaraan HoKi Season 1 di tahun 2021 yang hanya melibatkan 3 perguruan tinggi sebagai pilot project. Saya berharap tahun depan semakin banyak lagi peserta yang bergabung," ucap Damar.

Dikatakan Damar bahwa banyak anak-anak muda saat ini, khususnya mahasiswa, yang ingin berkreasi dan mengaktualisasi diri dengan terjun ke dunia usaha. Antusiasme mereka ini menjadi modal penting di masa yang akan datang.

"Oleh karena itu, Pegadaian di sini hadir. Jadi, teman-teman mahasiswa nantinya jika Anda sudah dapat bantuan 30 juta kemudian Anda berhasil dan butuh bantuan, kami tetap siap mendampingi. Kebutuhan dana Pegadaian siap ada di sini," ucap Damar.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM, Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting dalam sambutannya mengatakan, Indonesia masih membutuhkan wirausaha muda karena rata-rata rasio wirausaha negara maju sudah 12 persen

"Acara HoKI ini sangat pentingnya untuk menumbuhkembangkan wirsuaha muda di Indoensia. Negara maju rasio wirsausaha itu sekarang 12 persen dan Indonesia saat ini baru tahun 2024 targenya baru 3,95 persen," jelad Loto.

Untuk mengejar target rasio kewirausahaan 3,95 persen, Loto berharap, semangat kewirausahaan di DKI Jakarta gaungnya diperluas atau dilaksanakan juga di beberapa daerah lainnya.

"Kolaborasi pemerintah, asosiasi, civitas akademika, BUMN dalam menyelenggarakan HoKI ini agar terus dilaksakan secara berkesinambungan bahkan mungkin diperluas atau dilaksanakan beberapa daerah lainnya," imbuhnya.

Adapun tahapan seleksi yang dilalui oleh seluruh tim, diantaranya adalah tahapan seleksi administrasi, seperti pengecekan kelengkapan dokumen yang dipersyaratkan, hingga melakukan background checking kepada pihak Perguruan Tinggi tentang status mahasiswa yang mendaftar.

sebagai tambahan, HoKi Season 2 membuka pendaftaran mulai dari 24 Oktober hingga 6 Desember 2022. Selama pendaftaran berlangsung, panitia juga mengadakan sosialisasi secara online dan offline ke 28 perguruan tinggi komisariat ataupun non-komisariat ISEI Jakarta.

Setelah itu, tim yang lolos administrasi akan masuk ke seleksi proposal. Pada tahap ini, beberapa poin yang menjadi penilaian adalah kreativitas sebesar 25 persen, Peluang pasar sebesar 25 persen, Potensi Bisnis sebesar 25 persen, Timeline Bisnis sebesar 15 persen, dan Penyusunan Anggaran Biaya sebesar 10 persen.

Setelah melalui seleksi administrasi dan proposal, terpilihlah 20 semifinalis yang diumumkan secara online pada tanggal 12 Desember 2022 dalam acara Road To Semi Final HoKi Season 2. 20 Semifinalis ini terdiri dari 16 tim dengan kategori bisnis F&B, 2 tim dengan kategori bisnis fesyen, dan 2 tim dengan kategori bisnis kriya.

Para semifinalis kembali dihadapkan pada seleksi selanjutnya, yaitu Presentasi Bisnis yang diadakan pada tanggal 14 - 15 Desember 2022 di Kantor Pusat Pegadaian Jl. Kramat No. 162, Jakarta Pusat.

KEYWORD :

Hibah Kompetensi Kewirausahaan HoKi Season 2 2022 PT Pegadaian Damar Latri Setiawan Loto Srinaita G




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :