Minggu, 05/05/2024 21:27 WIB

Jersey Replika Timnas Maroko Terjual Habis

Jersey Replika Timnas Maroko Terjual Habis.

Seragam replika tim nasional Maroko akan segera dibeli di sebuah toko di Souq Waqif di Doha, Qatar (Hafsa Adil/Al Jazeera)

JAKARTA, Jurnas.com – Kesuksesan Maroko yang belum pernah terjadi sebelumnya di Piala Dunia telah membuat pusing pemilik toko di Souq Waqif Doha. Jersey replika tim Afrika Utara telah terjual habis dan ada permintaan yang terus meningkat.

Pada hari-hari menjelang turnamen, toko-toko yang berjejer di gang-gang sempit pasar ikonik di pusat kota mengubah pajangan mereka dari pakaian dan aksesori sehari-hari Arab menjadi kemeja warna-warni, syal, dan bendera negara-negara yang bermain di Piala Dunia.

Argentina, Brasil, dan tuan rumah Qatar telah menjadi tim paling populer di kalangan penggemar sepak bola yang memadati pusat wisata dalam beberapa minggu pertama Piala Dunia.

Sekarang, Maroko, yang menghadapi Prancis di semifinal Piala Dunia pada Rabu malam, telah meninggalkan tim lain di belakangnya.

"Pada November, kami biasa menjual beberapa kaos Maroko setiap hari dari lusinan yang kami pesan," kata penjaga toko Muhammad Sadiq kepada Al Jazeera beberapa jam setelah Maroko mengalahkan Portugal untuk menjadi semifinalis Afrika dan Arab pertama dalam sejarah turnamen tersebut.

Segera setelah Maroko mulai mengumpulkan poin di babak penyisihan grup, permintaan baju dan merchandise tim meroket. Permintaan melonjak lebih tinggi setelah Atlas Lions mengalahkan Spanyol dan Portugal di babak sistem gugur.

"Setiap kali Maroko menang, kami akan memesan ratusan [baju] lagi dan terjual habis sore hari pada hari pertandingan berikutnya," kata Sadiq.

Sejak tim lolos ke semifinal, ribuan suporter telah terbang ke Doha dari berbagai belahan dunia. Setibanya di Doha, pemberhentian pertama mereka adalah Souq Waqif, dan item pertama dalam daftar belanja mereka adalah kemeja Maroko, atau bendera, dan dalam beberapa kasus, keduanya.

Anas El Karim terbang dari Berlin sehari setelah kemenangan Maroko atas Portugal. "Saya diberitahu bahwa saya akan dapat menemukan kaos tim saya di sini, tetapi tampaknya sudah terjual habis," katanya dengan ekspresi kecewa.

Sadiq, yang sedang mencari-cari di antara tumpukan kaos tim saat pelanggan terbarunya melihat, mengeluarkan satu untuk kesenangan El Karim.

Ada juga banyak penggemar yang berbasis di Doha yang mulai mendukung Maroko setelah pembunuhan besar-besaran mereka di tahap akhir turnamen.

"Saya bukan penggemar Maroko sampai saya melihat mereka mengalahkan tim-tim besar Eropa," kata Yousuf Ahmed, seorang penggemar sepak bola dari India, saat mencari baju Maroko di toko Sadiq. "Saya telah mencari baju mereka selama berhari-hari sekarang, tetapi setiap kali saya datang ke sini selalu terjual habis, jadi sekarang saya akan puas dengan sebuah bendera."

Bendera merah cerah dengan bintang hijau di tengahnya telah mengambil alih negara tuan rumah. Fans dari seluruh dunia Arab membawa dan melambaikannya dengan bangga di stadion dan zona penggemar. Itu menutupi gedung pencakar langit, digantung di balkon apartemen dan melambai dari mobil membunyikan klakson setelah setiap kemenangan Maroko.

Dapat dikatakan bahwa bendera Maroko sekarang menjadi popularitas kedua setelah bendera Palestina di seluruh Qatar. "Bahkan orang Pakistan, Bangladesh, dan India datang meminta bendera Maroko," kata Sharf-ud-Din, penjaga toko Nepal yang menambahkan perlengkapan Piala Dunia ke toko pakaiannya.

Ketika pemilik toko lokal menyadari bahwa mereka tidak akan dapat membeli cukup banyak bendera untuk memenuhi permintaan yang tinggi pada waktunya, mereka menemukan solusi cepat: membuat bendera di Qatar.

"Sekelompok pria Bangladesh dan Pakistan mendapatkan lembaran kain merah dari pasar lokal dan membuat bendera ini di rumah," kata Din sambil menunjuk ke bendera Maroko buatan tangan yang digantung di sebelah bendera Qatar dan Palestina.

"Mereka telah melakukan pekerjaan yang sangat buruk dengan pentagram hijau, tetapi pembeli tidak peduli," katanya sambil terkekeh.

Sadiq, yang mulai menjual kaus Maroko seharga 30 riyal ($8) per potong, mengatakan dia sekarang menjual kaus dengan kualitas lebih buruk dengan harga minimal 50 riyal ($14).

"Pemasok kami telah memberi tahu kami bahwa mereka tidak memiliki kemeja yang tersisa di Bangladesh atau China, jadi kami akan memanfaatkan beberapa lusin yang tersisa," katanya tanpa basa-basi.

Toko-toko telah menikmati bisnis yang hebat selama beberapa minggu terakhir, dan sekarang keluar untuk memanfaatkan hari-hari terakhir yang tersisa sebelum hiruk pikuk sepak bola membuka jalan bagi bisnis reguler.

Jika Maroko akhirnya mengalahkan Prancis di semifinal, Sadiq harus menemukan solusi untuk memenuhi permintaan lebih banyak penggemar Maroko yang akan mengecat negara itu dengan warna merah.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Maroko Piala Dunia Qatar Jersey Bola Afrika Utara




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :