Minggu, 05/05/2024 17:42 WIB

Laksamana Yudo Calon Kuat Panglima TNI, Begini Kata Pimpinan DPR

Kalau mengenai siapa Panglima kita akan tahu setelah suratnya kita baca dong. Ini suratnya aja belum sampai kan bukan peramal.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad. (Foto: Humas DPR RI)

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad memberi sinyal KSAL Laksamana TNI Yudo Margono sebagai sosok calon Panglima TNI baru yang dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Laksamana Yudo disebut-sebut sebagai calon terkuat dari dua Kepala Staf matra militer lainnya. Yudo dianggap paling berpeluang karena berdasarkan tradisi pemilihan, `jatah` untuk Panglima TNI sekarang milik matra AL.

"Kalau yang kita dengar sama kaya yang wartawan dengar lah," kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (23/11)

Kendati begitu, Politikus Partai Gerindra ini belum bisa bicara banyak soal calon Panglima TNI baru itu. Apalagi, surat presiden (Surpres) terkait Panglima TNI baru belum diterima DPR hingga sekarang.

"Kalau mengenai siapa Panglima kita akan tahu setelah suratnya kita baca dong. Ini suratnya aja belum sampai kan bukan peramal," kata Dasco.

Legislator Dapil Banten III ini memastikan Surpres terkait calon Panglima TNI baru akan dikirim istana pada Kamis, 24 November 2022. Surpres akan langsung dikirim ke Ketua DPR Puan Maharani.

"Sampai dengan sore ini Surpres belum, tapi kami dapat infor Surpres akan dikirim kemungkinan besok ke Ketua DPR," kata Dasco.

Jenderal Andika Perkasa akan pensiun pada 21 Desember 2022. Komisi I telah meminta pimpinan DPR agar segera menagih nama calon Panglima TNI baru ke Istana Negara untuk menjalank fit and proper test.

Nama tersebut diharap masuk ke DPR pekan ini. Sejauh ini, ada tiga kepala staf yang berpotensi untuk dipilih Jokowi dan lulus tes kelayakan di DPR. Ketiganya, antara lain KSAD Jenderal Dudung Abdurrachman, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, dan KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

 

KEYWORD :

Warta DPR Sufmi Dasco Ahmad Gerindra Panglima TNI Yudo Margono




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :