Senin, 13/05/2024 13:48 WIB

Pimpinan PT AMMAN: Operasional Kami Sesuai Aturan dan Masuk Dalam Pengawasan Pemerintah

Kami selalu berkoordinasi secara intensif dengan pemerintah mengenai aspek-aspek yang berkaitan dengan operasional dan ketaatan (compliance).

Ilustrasi penambangan di salah satu perusahaan di Kalimantan. (Foto: Kontan)

Jakarta, Jurnas.com - PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN) merupakan sebuah perusahaan yang menerapkan prinsip dan kaidah penambangan yang baik dan bertanggung jawab.

Menurut Head of Corporate Communications dari PT AMMAN, Kartika Octaviana, operasional Amman sesuai dengan aturan yang berlaku. Selain itu, operasional Amman juga selalu masuk dalam pengawasan pemerintah.

“Kami selalu berkoordinasi secara intensif dengan pemerintah mengenai aspek-aspek yang berkaitan dengan operasional dan ketaatan (compliance),” kata dia dalam keterangan resmi yang dikirimkan ke redaksi, Kamis (10/11).

Kartika melanjutkan, berbagai program yang dilakukan oleh AMMAN terkait pengembangan dan pemberdayaan masyarakat juga telah melalui konsultasi publik, mulai dari pemerintah pusat, pemerintah Provinsi NTB, pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat, Pemerintah Desa Lingkar Tambang.

“Dan juga tokoh-tokoh masyarakat lingkar tambang, termasuk berbagai LSM yang mewakili aspirasi masyarakat sekitar,” terangnya.

Kartika juga menyinggung soal program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat atau corporate social responsibility. Kata dia, fokus AMMAN ada di tiga pillar antara lain: pengembangan sumber daya manusia, pariwisata berkelanjutan, dan penguatan ekonomi.

“Dimana keseluruhan ini dipersiapkan untuk rencana jangka panjang,” sambungnya.

Sementara soal pengembangan sumber daya manusia, lanjut Kartika, AMMAN memiliki program beasiswa pendidikan vokasi untuk coding dan programming dalam mempersiapkan generasi muda Kabupaten Sumbawa Barat untuk terbuka terhadap trend digital yang sedang berlangsung saat ini.

“Terkait Pariwisata Berkelanjutan, AMMAN memiliki program beasiswa hospitality (keramahtamahan) yang diperuntukkan demi mempersiapkan generasi muda Kabupaten Sumbawa Barat terhadap potensi pariwisata di wilayah KSB, dengan memperhatikan banyaknya permintaan tenaga kerja untuk hotel, resort maupun restaurant di wilayah KSB,” terang Kartika.

Menutup pernyataannya, dia menambahkan, dalam hal penguatan ekonomi, AMMAN baru saja meluncurkan program inkubasi bisnis bagi UMKM di wilayah KSB, dimana dalam proses pelatihan tersebut para partisipan atau peserta pelatihan akan mempelajari berbagai materi terkait bagaimana mengelola bisnis UMKM yang dimilikinya serta untuk jangka panjang tentunya agar bisnis UMKM yg dimiliki dapat naik kelas ke jenjang berikutnya.

“Materi yang diajarkan antara lain pengelolaan bisnis yang akan didapatkan peserta, antara lain perencanaan usaha, pengelolaan keuangan, cara membangun branding, pemasaran produk, hingga dampak bisnis terhadap lingkungan dan masyarakat,” tandasnya.

 

KEYWORD :

PT Amman Mineral Nusa Tenggara tambang lingkungan Amanat KSB Kartika Octaviana Sumbawa Barat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :