Sabtu, 04/05/2024 04:45 WIB

Pidato di Ajang Ballon d`Or, Shevchenko Bicara Perang Ukraina

Pidato di Ajang Ballon d`Or, Shevchenko Bicara Perang Ukraina

Mantan pemain timnas Ukraina, Andriy Shevchenko (Foto: Goal)

Paris, Jurnas.com - Mantan pemain tim nasional Ukraina, Andriy Shevchenko menyampaikan pidato dalam penganugerahan Ballon d`Or di Theater du Chatelet, pada Selasa (18/10) dini hari, sebelum pemberian penghargaan Ballon d`Or untuk pesepak bola perempuan.

Dalam kesempatan tersebut, mantan penyerang AC Milan, Chelsea, dan Dynamo Kyiv itu berbicara tentang perang yang menghancurkan negaranya, setelah diinvasi oleh Rusia pada Februari lalu.

"Ini adalah waktu yang sulit sejak perang dimulai. Saya sangat bangga dengan bagaimana negara saya membela dan memperjuangkan kebebasan mereka," kata Shevchenko dikutip dari Goal.

Pria 46 tahun itu juga menekankan perlunya bantuan untuk Ukraina. "Sangat penting mengingat perang masih berlangsung, tetapi yang paling penting untuk tetap berada di belakang Ukraina dan membantu," imbuh dia.

Kata-kata Shevchenko terdengar jelas saat para pemain di seluruh dunia berkumpul, untuk gelar pemain terbaik. Di kategori perempuan, Shevchenko menghadiahkan Ballon d`Or kepada Alexia Putellas, yang meraih kemenangan untuk tahun kedua berturut-turut.

Diketahui, Shevchenko keluar dari sepakbola sejak pemecatannya dari Genoa pada Januari 2022. Dia tidak diragukan lagi akan melanjutkan suaranya melawan perang di negara asalnya.

Sementara itu, Ukraina akan menghadapi Inggris di kualifikasi Euro 2026 pada 26 Maret, setelah gagal lolos ke Qatar 2022.

KEYWORD :

Andriy Shevchenko Ballon d`Or Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :