Minggu, 19/05/2024 04:58 WIB

Spanyol Setujui Penghematan Dosis Vaksin Cacar Monyet

Spanyol setujui penghematan dosis vaksin cacar monyet.

Telapak tangan pasien kasus cacar monyet dari Lodja, sebuah kota yang terletak di dalam Zona Kesehatan Katako-Kombe, terlihat selama penyelidikan kesehatan di Republik Demokratik Kongo pada tahun 1997. Brian W.J. Mahy/CDC/Handout via REUTERS

JAKARTA, Jurnas.com - Otoritas kesehatan Spanyol menyetujui strategi vaksinasi cacar monyet baru, yang memungkinkan lebih banyak orang untuk divaksinasi dengan dosis yang lebih kecil di tengah persediaan yang langka, kata kementerian kesehatan dalam sebuah pernyataan.

Setiap dosis vaksin Imvanex Bavarian Nordic, satu-satunya vaksin cacar monyet yang tersedia saat ini, akan dibagi menjadi lima dosis, dengan pengecualian untuk wanita hamil dan orang-orang dengan gangguan kekebalan, kata kementerian itu.

Dengan strategi baru, Spanyol mengikuti langkah Inggris, yang juga menyetujui penggunaan dosis yang lebih kecil dari vaksin cacar monyet pada hari Senin, menyusul keputusan Badan Obat Eropa pekan lalu untuk mengizinkan "penghematan dosis".

Pada Senin, Spanyol menerima 5.000 dosis vaksin lagi, sehingga total yang diterima menjadi lebih dari 17.000 dosis.

Spanyol adalah salah satu negara yang paling parah terkena penyakit ini, mencatat lebih dari 6.119 kasus cacar monyet sejak Mei.

Di seluruh dunia, lebih dari 40.000 kasus telah dilaporkan di 80 negara non-endemik.

Sumber: Reuters/ec

KEYWORD :

Spanyol Cacar Monyet Monkeypox Penghematan Vaksin




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :