Sabtu, 04/05/2024 13:47 WIB

Produsen Mobil Terkemuka Iran Incar Pasar Rusia

Produsen mobil terkemuka Iran incar pasar Rusia.

Teknisi mengerjakan lini produksi mobil Peugeot 207 dan 206 di pabrik Khodro Iran pada 14 Agustus 2022. (Foto: AFP/Atta Kenare)

JAKARTA, Jurnas.com - Iran Khodro meluncurkan model terbaru kendaraan crossover Rira di pabriknya di sebelah barat Teheran. Produsen mobil terkemuka tersebut mengatakan sedang mengincar pasar Rusia.

"Kami akan memberikan perhatian khusus ke pasar Rusia, dan kami juga berpikir untuk bermitra dengan investor Rusia," kata CEO Iran KhodroMehdi Khatibi, seperti dikutip dari AFP.

"Kami telah melakukan negosiasi yang baik dengan Moskow. Pasar Rusia, dengan kapasitasnya, akan menjadi salah satu pasar penting kami," tambah Khatibi.

Diberikan bahwa Iran Khodro sebelumnya mengekspor kendaraan ke Rusia, terutama antara 2007 dan 2009. "Kami akan mulai mengekspor tahun ini ke Rusia," katanya.

Pengumuman pada Minggu (14/8) datang setelah Presiden Rusia, Vladimir Putin mengunjungi Teheran pada bulan Juli dan bertemu dengan timpalannya dari Iran Ebrahim Raisi dan pemimpin tertinggi Ayatollah Ali Khamenei.

Rusia telah mendapat sanksi yang semakin keras sejak invasi Februari ke Ukraina, sementara Iran telah menghadapi sanksi ketat yang diterapkan kembali pada 2018 ketika Amerika Serikat secara sepihak menarik diri dari kesepakatan nuklir antara Teheran dan kekuatan dunia.

Kedua negara telah menanggapi sanksi dengan meningkatkan kerja sama di bidang-bidang utama untuk membantu menopang ekonomi mereka.

Wakil presiden Iran Khodro, Kianoush Pourmojib, membuat catatan optimis pada hari Minggu, menunjuk pada peningkatan ekspor ke Azerbaijan selama lima tahun terakhir. "Kami berambisi untuk meningkatkan kualitas kendaraan kami," katanya kepada AFP.

Ia menambahkan bahwa sementara pabrikan berharap untuk bersaing di pasar seperti Azerbaijan, Oman dan Irak, "dalam volume, tentu saja Rusia yang paling penting".

"Tahun ini, kami akan memproduksi lebih dari 500.000 kendaraan dan tujuan kami dalam tiga tahun adalah mengekspor 100.000 kendaraan per tahun," dibandingkan dengan kurang dari 20.000 saat ini, katanya.

Sumber: AFP

KEYWORD :

Produsen Mobil Terkemuka Iran Pasar Rusia Iran Khodro Mehdi Khatibi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :